Analisis Penyebab Bocornya Pipa Hidrolik pada Main Deck Saat Bongkar di Kapal MT. Harsanadi

Afandi, Aden Bagus Mochammad (2024) Analisis Penyebab Bocornya Pipa Hidrolik pada Main Deck Saat Bongkar di Kapal MT. Harsanadi. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Aden Bagus Mochammad Afandi - Halaman Awal Bab l, ll & lll.pdf] Text
Aden Bagus Mochammad Afandi - Halaman Awal Bab l, ll & lll.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Aden Bagus Mochammad Afandi - Fulltext.pdf] Text
Aden Bagus Mochammad Afandi - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aden Bagus Mochammad Afandi, 2025, Analisis Penyebab Bocornya Pipa hydraulic Pada Main Deck Saat Bongkar di Kapal MT. Harsanadi, di bimbing oleh Bapak I’ie Suwondo, S.SiT, M.Pd.,M.Mar selaku bimbingan I, dan Ibu Capt. Upik Widyaningsih, M.Pd, M.Mar selaku pembimbing II.
Jaringan pipa yang ada di atas deck memiliki peran yang sangat penting terhadap kinerja alat – alat di atas deck seperti pompa hydraulic, angin deck, pompa hydrant dan sebagainya. Dengan demikian untuk menjaga agar alat – alat tersebut dapat bekerja secara optimal maka, perlu diadakan perawatan pada pipa – pipa tersebut dengan tujuan untuk meminimalkan terjadinya kerusakan– kerusakan pada pipa tersebut. Tujuan pembahasan masalah ini adalah untuk mencegah kebocoran pipa hydraulic yang dapat menghambat dan membahayakan baik crew atau orang darat, yang disebabkan oleh kebocoran pipa hydraulic di deck. Terutama hal yang menyebabkan claim dari pihak penyewa (charterer). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan terhadap data primer yang meliputi wawancara dan observasi langsung, serta data sekunder berupa dokumentasi terkait proses bongkar muat. Penulis menguraikan hasil dari pertanyaan penelitian yang terjadi ketika melakukan praktik layar di MT. Harsanadi selama satu tahun 10 hari mulai dari 14 November 2022 sampai 24 November 2023.
Hasil penelitian ini menunjukan, kebocoran pipa hydraulic pada main deck kapal MT. Harsanadi disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kondisi pipa hydraulic yang kurang baik, kurangnya pemeliharaan dan inspeksi rutin, instalasi yang tidak tepat, serta pengaturan tekanan yang tidak optimal pada power pack. Untuk mencegah kejadian serupa, kapal harus melakukan pemeriksaan berkala, memastikan instalasi yang sesuai standar, serta pengaturan tekanan yang tepat. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan performa sistem hydraulic pada kapal dan mencegah hal serupa terulang kembali.
Kata Kunci: Kebocoran Pipa Hydraulic, Pemeliharaan Rutin, Sistem Hydraulic kapal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Afandi, Aden Bagus Mochammad
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal
Depositing User: astaka repolib
Date Deposited: 29 Nov 2025 19:04
Last Modified: 29 Nov 2025 19:04
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item
View Item