Pratamo, Aditiya Gigih (2025) Pemetaan Topografi Perairan Menggunakan Kapal Tanpa Awak. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
Aditiya Gigih Pratomo - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf
Download (4MB)
Aditiya Gigih Pratomo - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ADITIYA GIGIH PRATOMO, “RANCANG BANGUN ALAT PEMETAAN TOPOGRAFI PERAIRAN MENGGUNAKAN KAPAL TANPA AWAK”. Karya ilmiah terapan Program Studi Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal, Program Diploma IV, Politeknik Pelayaran Surabaya. Dosen Pembimbing I: Sri Mulyanto Herlambang. Dosen Pembimbing II: Capt. Anugrah Nur Prasetyo
Dalam era kemajuan teknologi dalam bidang kelautan dan hidrografi, telah mendorong inovasi dalam pemetaan topografi perairan. Kelemahan dari kapal tanpa awak sendiri yaitu system navigasi, control maneuver dan sensor yang mutahir sering kali memerlukan biaya yang mahal dalam riset dang pengembangan baik dari segi kapal tanpa awaknya ataupun pemetaan topografi. Namun dalam beberapa tahun terakhir, teknologi Long Range (LORA) telah muncul sebagai solusi alternative untuk system komunkasi dan pengerak control kapal tanpa awak atau USV. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat pemetaan topografi perairan mengunakan kapal tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle) USV yang dilengkapi dengan system Deeper Sonar Pro. Kapal tanpa awak ini dirancang untuk mampu melakukan pemetaan dasar perairan dasar perairan secara otomatis, efesien waktu, dan biaya yang lebih rendah dibandingkaan metode konvensional. System kapal tanpa awak ini dilengkapi dengan aenaor RPM dan flowmeter yang digunakan untuk memantau control pengerak kapal tanpa awak atau USV di perairan. Agar kapal tanpa awak ini berjalan menggunakan remote control yang dikendalikan dari darat. Penggerak kapal tanpa awak ini terdiri Motor BLDC yang dihubungkan ke propeller dan Motor Servo yang dihubungkan ke Rudder kapal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kapal tanpa awak yang dikembangkan mampu melakukan pemetaan dasar perairan dengan akurasi yang cukup baik dan stabilitas kontrol yang memadai. Penggunaan teknologi LoRa memungkinkan komunikasi jarak jauh yang andal antara kapal dan operator, sementara integrasi Deeper Sonar Pro berhasil memberikan data batimetri yang akurat. Selain itu, sistem ini terbukti lebih efisien dalam penggunaan energi dan biaya operasional dibandingkan metode pemetaan konvensional.
Kata Kunci: USV, Sonar, Remot kontrol, LoRa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Creators: | Creators Email ORCID Pratamo, Aditiya Gigih UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Subjects: | V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM311-466 Special types of vessels |
| Divisions: | D4 Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal |
| Depositing User: | Rice Agustina |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 14:08 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 14:08 |
| URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/563 |
