Analisis Penyebab terjadinya Kandas Kapal KM. Damai Sejahtera 7 di Alur Berau Kalimantan Timur

Fathoni, Maulana Fajar (2023) Analisis Penyebab terjadinya Kandas Kapal KM. Damai Sejahtera 7 di Alur Berau Kalimantan Timur. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Maulana Fajar Fathoni - Abstrak.pdf] Text
Maulana Fajar Fathoni - Abstrak.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of Maulana Fajar Fathoni - Fulltext.pdf] Text
Maulana Fajar Fathoni - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Maulana Fajar Fathoni, Analisis Penyebab Terjadinya Kandas Kapal Km. Damai Sejahtera 7 Di Alur Berau Kalimantan Timur.
KM. Damai sejahtera adalah sebuah kapal kargo yang berlayar di bawah bendera Indonesia. Panjang keseluruhannya (LOA) adalah 65 meter dan lebarnya 12 meter. KM Damai Sejahtera berlayar melalui alur pelayaran di Kalimantan Timur. Kapal tersebut dioperasikan oleh PT. Sarana Samudera Pasifik. KM. Damai sejahtera berlayar melalui alur pelayaran Berau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Berau. Di Kabupaten Berau terdapat Tanjung Redep. Alur pelayaran di pelabuhan tanjung redeb merupakan alur pelayaran sungai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adakah penelitian kualitatif yang bertujuan mengungkapkan fakta, keadaan dan fenomena yang sesuai dengan pengalaman peneliti tentang pengaruh turunnya tekanan pompa pendingin air laut pada mesin induk di kapal. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah riset lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga didapatkan teknik keabsahan data.
Hasil dari KM Damai sejahtera 7 kandas secara umum dapat dikelompokkan ke dalam dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penyebab faktor eksternal lebih sering terjadi kandas karena pendangkalan sungai, yang disebabkan penumpukan tanah, pasir dan lumpur. Jalur pelayaran yang padat dengan kapal nelayan dan tongkang di alur kedalaman yang sempit, dan olah gerak KM.Damai sejahtera 7 terbatas. Disamping itu, kelengkapan alat navigasi yang perlu diupgrade. Seperti pada faktor internal, lebih disebabkan karena human error, seperti: salah jalur, memaksakan masuk alur ketika air sedang surut, karena berpapasan dengan kapal lain yang berada dalam satu jalur sehingga keluar dari jalur, ketepatan dan ketelitian membuat passage plan, karena pendangkalan dianggap hal yang biasa sehingga cenderung abai. akibat dan dampak yang ditimbulkan dari kapal kandas pada KM. Damai sejahtera 7 adalah terganggunya alur pelayaran, keterlambatan waktu karena tidak sesuai schedule, jika kandasnya sampai berhari-hari atau mingguan secara tidak langsung juga menimbulkan kerugian bisnis perusahaan, lalu lintas di perairan menjadi lebih lamban.
Kata Kunci : Kandas, Alur Sempit, Pasang Surut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Fathoni, Maulana Fajar
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK1300-1491 Saving of life and property
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 28 Aug 2025 09:05
Last Modified: 28 Aug 2025 09:05
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item