Apriandi, Diaz (2024) Optimalisasi Pencegahan Kerusakan Peti Kemas pada saat Proses Bongkar Muat di atas Kapal MV. Ever Oath. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
![[thumbnail of Diaz Apriandi - Abstrak.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Diaz Apriandi - Abstrak.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of Diaz Apriandi - Fulltext.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Diaz Apriandi - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Sejak kapal menjadi salah satu sarana utama dalam perdagangan dan transportasi barang di seluruh dunia, terdapat peningkatan pertumbuhan lalu lintas kapal kargo, tantangan keamanan dan keselamatan juga meningkat termasuk keamanan peti kemas selama berada di atas kapal. Kerusakan peti kemas sendiri sering terjadi pada saat proses bongkar muat berlangsung. Proses bongkar muat di kapal melibatkan penanganan peti kemas dalam kondisi yang mempengaruhi integritasnya. Kerusakan peti kemas biasanya diakibatkan oleh proses bongkar muat yang dilakukan secara tidak hati-hati dan tidak sesuai prosedur yang ada dan juga Kerusakan peti kemas ini dapat menimbulkan kerugian finansial yang signifikan dan opersional kapal menjadi terganggu. Penundaan pengiriman peti kemas yang disebabkan kerusakan peti kemas dapat menimbulkan gangguan dalam proses produksi dan distribusi.
Penelitian dilaksanakan pada saat praktek laut selama 12 bulan di atas kapal. Penulis menggunakan penelitian kualitatif untuk memperoleh data primer melalui narasumber secara langsung dan data sekunder dari buku dan jurnal yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas, maka penulis akan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis menggunakan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisai pencegahan kerusakan petikemas sudah di lakukan namun belum optimal dan juga ada beberapa faktor yang mengakibatkan kontainer atau petikemas tersebut rusak yang di akibat kesalahan manusia seperti kurangnya pengawasan juga kesalahan operator crane darat dan juga faktor alam atau cuaca yaitu typon sehingga tidak bisa di tanganani oleh crew kapal dengan menjalankan safty meeting dan membuat daftar chack list juga sanksi tegas di harapkan dapat mencegah kerusakan pada muatan di kapal MV EVER OATH.
Kata Kunci : Optimalisasi, Kerusakan Peti Kemas, Proses Bongkar Muat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Creators: | Creators Email ORCID Apriandi, Diaz UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation > HE561-971 Shipping |
Divisions: | D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal |
Depositing User: | Rice Agustina |
Date Deposited: | 06 May 2025 11:07 |
Last Modified: | 06 May 2025 11:07 |
URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/350 |