Analisis Penyebaba Menutrunnya Kinejra Kompresor Udara Type CZF-20 4/3-C di atas Kapal MV. Meratur Payakubuh dengan Metode FMEA

Moha, Muhammad Risky Aditya (2024) Analisis Penyebaba Menutrunnya Kinejra Kompresor Udara Type CZF-20 4/3-C di atas Kapal MV. Meratur Payakubuh dengan Metode FMEA. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Muhammad Risky Aditya Moha - Abstrak.pdf] Text
Muhammad Risky Aditya Moha - Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Muhammad Risky Aditya Moha - Fulltext.pdf] Text
Muhammad Risky Aditya Moha - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Risky Aditya Moha, 2024, Analisis Penyebab Menurunnya Kinerja Kompressor Udara Type CZF-20 4/3-C di atas kapal MV. Payakumbuh. (dibimbing oleh bapak Dirhamsyah, SE,M.Pd. M.Mar.E selaku pembimbing I dan Ibu Dr.Indah Ayu Johanda Putri, SE, M.Ak selaku pembimbing II)
Pada kapal MV. MERATUS PAYAKUMBUH memiliki alat yang menerima energi kerja dari luar untuk memampatkan udara (kompresor) untuk menyimpan udara tekan yang diperlukan untuk menghidupkan mesin kapal dan fungsi kapal yang membutuhkan udara tekan sebagai energi. Udara terkompresi digunakan untuk menggerakkan piston mesin utama dari sistem start mesin sebelum pembakaran terjadi di ruang bakar. Setelah pembakaran, mesin terpisah dari kompresor dan bekerja dengan sistem pembakaran yang digunakan oleh mesin itu sendiri. Penelitian dalam karya ilmiah terapan ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab, dampak yang akan terjadi, dan upaya/tindakan yang perlu diambil ketika terjadi penurunan kinerja pada kompresor udara di atas kapal. Dalam karya ilmiah terapan ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dengan melakukan review dari berbagai komponen. Selanjutnya melakukan identifikasi mode-mode kegagalan, penyebab kegagalan, dan dampak atau efek yang ditimbulkan dari kegagalan tersebut. Selanjutnya data tersebut digunakan sebagai input dalam lembar kerja FMEA tentang menurunnya kinerja kompresor udara di atas kapal.
Dari hasil penelitian penulis bahwa faktor penyebab menurunnya kinerja kompresor udara kapal yaitu, Ausnya piston kompresor, katup kompresor berkerak, molornya V-belt, macetnya safety valve, ring piston yang patah, serta pressure gauge yang tidak berfungsi. Hal tersebut akan berdampak serius pada komponen-komponen kompresor kapal seperti kelebihan jam kerja, sehingga tenaga yang dihasilkan dari kompresor udara kapal kurang optimal. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan tekanan minyak lumas pada mesin induk dengan memperbaiki model perawatan mesin induk kapal sesuai dengan Planned Maintenance System (PMS) dengan tujuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada beberapa bagian komponen sistem pelumasan.
Kata kunci : Kompresor,Udara tekan,FMEA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Moha, Muhammad Risky Aditya
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 21 Feb 2025 10:38
Last Modified: 21 Feb 2025 10:38
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item
View Item