Optimalisasi Pelayanan Jasa Keagenan dalam Menangani Kedatangan dan Keberangkatan Kapal pada PT Maf Eza Samudra

Kinan, Rayhan Syahmirza Marciano (2023) Optimalisasi Pelayanan Jasa Keagenan dalam Menangani Kedatangan dan Keberangkatan Kapal pada PT Maf Eza Samudra. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Rayhan Syahmirza Marciano Kinan - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Rayhan Syahmirza Marciano Kinan - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of Rayhan Syahmirza Marciano Kinan - Fulltext.pdf] Text
Rayhan Syahmirza Marciano Kinan - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam aktivitas pelayanan keagenan kapal harus menjalankan tugasnya dengan maksimal supaya dapat bersaing dengan perusahaan pelayaran lain khusunya dalam penguasaan bidang layanan jasa berbasis inaportnet, maka dalam penelitian ini peneliti menguraikan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran umum pelayanan keagenan dalam menangani kedatangan dan keberangkatan kapal cargo di PT Maf Eza Samudra; untuk mengetahui kendala dan optimalisasi pelayanan keagenan dalam menangani kedatangan dan keberangkatan kapal cargo di PT Maf Eza Samudra. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, data penelitian di peroleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan data kepustakaan, kemudian data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif ialah dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan PT Maf Eza Samudra sudah baik, namun masih harus ditingkatkan lagi terutama dalam penggunaan sistem inaportnet supaya dapat bersaing dengan perusahaan keagenan lain terutama meningkatkan dalam sumber daya manusianya. PT Maf Eza Samudra masih terkendala dalam hal jarak, cuaca serta perkembangan teknologi yang terus berkembang. Upaya untuk melakukan optimalisasi pelayanan keagenan dalam menangani kedatangan dan keberangkatan kapal cargo di PT Maf Eza Samudra, yaitu menambah karyawan yang kompoten dan melakukan pelatihan pada karyawan agar dapat memberi tambahan ilmu serta memberikan informasi terkait pengoperasian inaportnet.

Kata Kunci : Optimalisasi, Pelayanan, Keagenan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Kinan, Rayhan Syahmirza Marciano
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 13 Aug 2024 09:18
Last Modified: 13 Aug 2024 09:18
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item