Pelayanan Jasa Keagenan dalam mengangani kedatangan Kapal Asing di PT. FAB Enterprises

Lamaya, Nevlyn Yoghal (2023) Pelayanan Jasa Keagenan dalam mengangani kedatangan Kapal Asing di PT. FAB Enterprises. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Nevlyn Yoghal Lamaya - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Nevlyn Yoghal Lamaya - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Nevlyn Yoghal Lamaya - Fulltext.pdf] Text
Nevlyn Yoghal Lamaya - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peranan Perusahaan Pelayaran/Keagenan kapal laut sangat dibutuhkan dalam membantu pemilik kapal (owner) dalam proses kedatangan dan keberangkatan kapal pada suatu pelabuhan agar kegiatan kapal tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan atau disepakati. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kendala yang dialami perusahaan FAB saat kapal datang dan untuk mengetahui proses penanganan kebutuhan kapal ketika kapal berada di Pelabuhan. Penelitian ini dilaksanakan selama 12 bulan yang berlokasi di PT. FAB ENTERPRISES. Dimana data primer diperoleh secara langsung dengan wawancara, observasi di lapangan, dan dokumentasi berupa foto. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber kepustakaan dengan metode studi kepustakaan / study research. Hasil dari penelitian ini yaitu semakin tinggi tingkat kendala dalam menangani kapal yang datang, maka perusahaan akan mengalami semakin banyak kerugian baik kerugian internal maupun eksternal. Kendala yang dapat terjadi berupa mundurnya jadwal penyandaran kapal, jaringan yang tidak stabil, serta permasalahan pada administrasi. Upaya yang dilakukan untuk menangani kendala pada proses clearance-in yaitu memastikan pihak kapal melaporkan estimasi kedatangan kapal 1x24 jam melalui INAPORTNET, memastikan sim-card yang digunakan memiliki ketersediaan jaringan yang bagus diwilayah pelabuhan, membantu dalam mengurus perpanjangan dokumen kapal dan crew kepada pihak terkait sebelum kapal selesai loading atau clearance-out, serta memastikan pihak consigne dan shipper tidak ada permasalahan dalam proses pelunasan.
Kata kunci : Pelayanan, Kedatangan, Kendala, Upaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Lamaya, Nevlyn Yoghal
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 06 Aug 2024 09:31
Last Modified: 06 Aug 2024 09:31
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item
View Item