Rancang Bangun Sistem Presisi Manuvering pada Pergerakan Kapal

Carwito, Muhamad Ghali Pw (2025) Rancang Bangun Sistem Presisi Manuvering pada Pergerakan Kapal. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Muhamad Ghali PW Carwito - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Muhamad Ghali PW Carwito - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Muhamad Ghali PW Carwito - Fulltext.pdf] Text
Muhamad Ghali PW Carwito - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhamad Ghali Pw Carwito. 2025. Rancang Bangun Sistem Presisi Manuvering Pada Pergerakan Kapal. Politeknik Pelayaran Surabaya. Dibimbing oleh Dosen Pembimbing I: Antonius Edy Kristiyono, M.Pd dan Dosen Pembimbing II: Henna Nurdiansari, S.T.,M.T.,M.Sc.
Dalam beberapa dekade terakhir, penggunaan kapal tanpa awak atau unmanned vehicles (UV) telah mengalami peningkatan signifikan. Operasi kapal tanpa awak melibatkan berbagai tantangan teknis yang memerlukan solusi canggih. Lingkungan laut yang dinamis, termasuk arus kuat, gelombang tinggi, dan kondisi cuaca ekstrem, dapat mempengaruhi performa kapal untuk menjaga stabilitas dan mengarahkan kapal dengan tepat, sistem kontrol yang presisi dan responsive sangat diperlukan. Kesalahan kecil dalam manuver dapat mengakibatkan risiko tinggi, seperti kerusakan pada kapal atau kehilangan muatan, serta potensi bahaya bagi kapal lain atau lingkungan. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk merancang dan membangun sistem control motor servo untuk manuvering sistem pada kapal serta untuk mengetahui apakan motor servo dapat mengontrol manuvering sistem pada kapal tanpa awak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sistem kontrol motor servo pada penelitian ini dapat bekerja secara otomatis maupun manual. Dalam mode otomatis, sudut motor dapat diatur melalui aplikasi. Kapal akan berhenti saat sudutnya sesuai dengan pengaturan di aplikasi, berdasarkan data dari sensor kompas. Sensor ini memastikan arah pergerakan kapal akurat dengan memberikan sinyal ketika sudut yang diatur sesuai dengan sudut kompas. Sudut yang sudah di tentukan pada saat manuvering sisitem pergerakan kapal secara otomatis tidak akurat, dikarnakan adanya arus, gelombang air dan angin yang membuat kapal secara sendirinya dapat bergerak atau perbindah pindah posisi.
Kata kunci: Motor Servo, Manuvering, dan Kapal Tanpa Awak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Carwito, Muhamad Ghali Pw
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 02 Dec 2025 14:48
Last Modified: 02 Dec 2025 14:48
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item
View Item