Analisis Pengendalian Internal Penjualan Tiket Kapal Perintis di PT Pelni Terminal Point Banyuwangi

Annas, Muh Misbahun Nizar (2023) Analisis Pengendalian Internal Penjualan Tiket Kapal Perintis di PT Pelni Terminal Point Banyuwangi. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Muh Misbahun Nizar Annas - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Muh Misbahun Nizar Annas - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of Muh Misbahun Nizar Annas - Fulltext.pdf] Text
Muh Misbahun Nizar Annas - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian intern yang diterapkan oleh perusahaan pelayaran PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Terminal Point Banyuwangi) cukup untuk memprediksi ketidaksesuaian antara laporan penumpang naik di atas kapal dan manifes kapal, karena ketidaksesuaian antara penumpang dan manifes kapal akan merugikan kepentingan penyedia jasa angkutan laut. Penerapan sistem ticketing PT Pelni Terminal Point Banyuwangi masih sistem manual, dan memungkinkan terjadinya perbedaan laporan yang menyebabkan penumpang pergi ke tempat tujuan tanpa membeli tiket, yang juga akan berdampak pada laporan keuangan perusahaan. Pengendalian internal sesuai dengan teori COSO Integrated Framework 2013 berdasarkan lima unsur pengendalian internal yaitu lingkungan pengendalian, aktivitas pengendalian, penilaian risiko, informasi komunikasi dan aktivitas pemantauan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan survey, sementara data primer di peroleh dari jawaban kuesioner yang dikirimkan kepada responden dan data sekunder berasal dari dokumen terkait dan laporan tahunan yang diperoleh dari Perusahaan Pelayaran PT. Pelayaran Nasional Indonesia Terminal Point Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif dengan menggunakan uji instrument variabel validitas dan reabilitas menggunakan uji try out terpakai. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pengendalian internal penjualan tiket pada Perusahaan Pelayaran PT. Pelayaran Nasional Indonesia Terminal Point Banyuwangi mampu mengantisipasi ketidaksesuaian laporan penumpang yang naik diatas kapal dengan manifest kapal karena dalam kegiatannya terdapat cross check ulang yang dilakukan kapada penumpang dan memastikan semua penumpang sudah membeli tiket sebelum naik di atas kapal dan pelaksanaan pengendalian internal baik sudah sesuai dengan teori COSO Integrated Framework 2013.

Kata Kunci : Pengendalian Internal, manifest,kapal perintis,penjualan tiket

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Annas, Muh Misbahun Nizar
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 05 Aug 2024 14:30
Last Modified: 05 Aug 2024 14:30
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item
View Item