Analisis Strategi Pemasaran Charter Kapal Anchor Handling Tug Supply (AHTS) di PT Logindo Samudramakmur Tbk.

Pangesti, Delta Romadhona (2025) Analisis Strategi Pemasaran Charter Kapal Anchor Handling Tug Supply (AHTS) di PT Logindo Samudramakmur Tbk. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Delta Romadhona Pangesti - Fulltext.pdf] Text
Delta Romadhona Pangesti - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Delta Romadhona Pangesti - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Delta Romadhona Pangesti - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (2MB)

Abstract

DELTA ROMADHONA PANGESTI, Analisis Strategi Pemasaran Charter Kapal Anchor Handling Tug Supply (AHTS) di PT Logindo Samudramakmur Tbk. Politeknik Pelayaran Surabaya Dibimbing oleh Ibu Dr. Trisnowati Rahayu, M.AP dan Ibu Dr. Ardhiana Puspitacandri, S.Psi., M.Psi.
Dalam industri minyak dan gas bumi di Indonesia, pengadaan barang dan jasa termasuk penyewaan atau charter kapal memegang perananan penting dalam mendukung kelancaran operasi hulu migas. Dinamika persaingan yang terus berubah dari waktu ke waktu memberikan pengaruh signifikan terhadap strategi yang akan diterapkan oleh suatu perusahaan. Selain itu, perusahaan melayani berbagai proyek dengan durasi sewa yang beragam, menunjukkan adanya dinamika pasar yang menuntut strategi yang fleksibel dan efektif, terutama dalam industri pelayaran yang kompetitif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya, serta menganalisis dampak dari strategi tersebut terhadap keberlangsungan bisnis perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara terstruktur dengan pihak manajemen pemasaran, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Logindo Samudramakmur Tbk mencakup Word of Mouth (WoM) dan sistem tender maupun charter langsung. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala dalam penerapannya, seperti fluktuasi atau ketidaksesuaian harga serta ketidaksesuaian antara harga penawaran dan harga acuan SKK Migas. Oleh karena itu perlu mempertahankan kualitas atau meningkatkan kualitas pelayanan, inovasi kapal atau penawaran paket charter yang fleksibel, mengadakan evaluasi secara rutin untuk melakukan analisis terhadap harga yang akan dipasarkan agar tidak terjadi kesalahan guna menjaga posisi PT Logindo Samudramakmur Tbk. untuk tetap bertahan dan bersaing dengan perusahaan offshore lainnya.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Charter Kapal, Anchor Handling Tug Supply (AHTS), Word of Mouth (WoM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Pangesti, Delta Romadhona
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF1-6182 Commerce
V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: atsi repo
Date Deposited: 01 Dec 2025 19:49
Last Modified: 01 Dec 2025 19:49
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item
View Item