Perancangan Sistem Kontrol Kecepatan Kapal dengan Sistem Propulsi Hibrida Berbasis Neural Network Method

Prasojo, Figo Cahyo (2025) Perancangan Sistem Kontrol Kecepatan Kapal dengan Sistem Propulsi Hibrida Berbasis Neural Network Method. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Figo Cahyo Prasojo - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Figo Cahyo Prasojo - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Figo Cahyo Prasojo - Fulltext.pdf] Text
Figo Cahyo Prasojo - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FIGO CAHYO PRASOJO, (2025) “Perancangan Sistem Kontrol Kecepatan Kapal dengan Sistem Propulsi Hibrida Berbasis Neural Network method”. Dibimbing oleh Bapak Edi Kurniawan, SST, MT. dan Eka Nurmala Sari Agustina, M.Pd.
Peningkatan jumlah kapal berbahan bakar fosil di Indonesia menimbulkan tantangan serius terkait efisiensi energi dan emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan sistem kontrol kecepatan kapal dengan propulsi hibrida berbasis metode Neural Network (NN) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, stabilitas kecepatan, dan keselamatan sistem. Sistem dikembangkan pada prototipe kapal trimaran yang mengombinasikan motor listrik BLDC dan Internal Combustion Engine (ICE). NN dirancang dengan arsitektur 5-8-3 sebagai pengendali adaptif, memproses input kecepatan aktual dan RPM untuk menghasilkan sinyal kendali motor secara real-time. Pengujian dilakukan secara statis dan dinamis pada lima set point kecepatan (4, 5, 7, 9, dan 11km/jm) dalam kondisi arus ±0,57 m/s dan ombak setinggi 2–15 cm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan kontrol NN meningkatkan stabilitas kecepatan, dengan deviasi <0,5 km/jm pada set point rendah, serta mengurangi fluktuasi RPM secara signifikan. Efisiensi bahan bakar juga meningkat, khususnya pada kecepatan tinggi; kenaikan konsumsi hanya ±3,42 ml dengan kontrol dibandingkan ±43,6 ml tanpa kontrol. Selain itu, sistem dilengkapi proteksi overcurrent yang efektif mencegah kerusakan komponen, terbukti setelah insiden percobaan awal. Meskipun demikian, pada set point 9 dan 11km/jm, kecepatan aktual belum sepenuhnya mencapai target akibat keterbatasan database NN, sehingga diperlukan optimasi lebih lanjut. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini membuktikan bahwa integrasi Neural Network dalam sistem propulsi hibrida berpotensi besar untuk pengembangan kapal cerdas yang hemat energi, stabil, dan ramah lingkungan.
Kata kunci: Propulsi Hibrida, Neural Network, Kontrol Kecepatan, Kapal Trimaran, Motor BLDC, Motor ICE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Prasojo, Figo Cahyo
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 28 Nov 2025 08:33
Last Modified: 28 Nov 2025 08:33
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item
View Item