Putra, Theokoka Herfian (2024) Analisis Estimasi Waktu Pelayanan Truck Round Time (TRT) Pada Kegiatan Receiving di PT. Terminal Peti Kemas Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabara.
Theokoka Herfian Putra - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf
Download (709kB)
Theokoka Herfian Putra - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
THEOKOKA HERFIAN PUTRA, Analisis Estimasi Waktu Pelayanan Truck Round Time (TRT) pada Kegiatan Receiving di PT. Terminal Petikemas Surabaya, Skripsi, Politeknik Pelayaran Surabaya. Dibimbing oleh Ibu Dr.Elly Kusumawati, S.H.,M.H. dan Bapak Novrico Susanto, S.T.,M.M
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor kepadatan di lapangan penumpukan, faktor alat, dan faktor sumber daya manusia, faktor alam terhadap Truck Round Time (TRT) pada kegiatan receiving di PT. Terminal Petikemas Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menyajikan data dalam bentuk angka-angka untuk menggambarkan variabel secara faktual dan akurat. Data dikumpulkan dari sumber primer melalui kuesioner dan dokumentasi, serta sumber sekunder dari data internal perusahaan. Teknik analisis data meliputi uji statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Uji statistik deskriptif digunakan untuk menghitung nilai rata-rata, maksimum, dan minimum Truck Round Time box dan truck dari Januari hingga Desember 2023. Regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh faktor kepadatan di lapangan penumpukan, faktor alat, dan faktor sumber daya manusia terhadap Truck Round Time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Truck Round Time box <30 menit berkisar antara 6.922 hingga 43.585 box, sementara Truck Round Time 30-60 menit berkisar antara 81 hingga 35.665 box. Truck Round Time 60-120 menit dan >120 menit sangat jarang terjadi. Rata-rata Truck Round Time truck <30 menit berkisar antara 6.615 hingga 41.880 truk, dan Truck Round Time 30-60 menit berkisar antara 57 hingga 34.676 truk. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa faktor alat memiliki pengaruh signifikan terhadap Truck Round Time box dan truck dengan nilai F sebesar 5028.960 dan R² sebesar 0.998, menunjukkan bahwa 99.8% variasi Truck Round Time dapat dijelaskan oleh penggunaan alat. Faktor kepadatan di lapangan penumpukan dan sumber daya manusia juga berpengaruh signifikan terhadap Truck Round Time. Dengan demikian, peningkatan penggunaan alat yang efisien dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi Truck Round Time di PT. Terminal Petikemas Surabaya.
Kata kunci: Truck Round Time, PT. Terminal Petikemas Surabaya, Faktor Kepadatan, Faktor Alat, Sumber Daya Manusia, Faktor Alam
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Creators: | Creators Email ORCID Putra, Theokoka Herfian UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Subjects: | V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports |
| Divisions: | D4 Transportasi Laut |
| Depositing User: | astaka repo |
| Date Deposited: | 29 Nov 2025 19:07 |
| Last Modified: | 29 Nov 2025 19:07 |
| URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/637 |
