Analisis Pengadaan Barang dan Jasa untuk Pemenuhan Pada Ship Inspection Report Kapal-Kapal Fleet IV di PT Pertamina International Shipping (PIS)

Rosasinta, Swastika Diah (2024) Analisis Pengadaan Barang dan Jasa untuk Pemenuhan Pada Ship Inspection Report Kapal-Kapal Fleet IV di PT Pertamina International Shipping (PIS). Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Swastika Diah Rosasinta - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Swastika Diah Rosasinta - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Swastika Diah Rosasinta - Fulltext.pdf] Text
Swastika Diah Rosasinta - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SWASTIKA DIAH ROSASINTA, ANALISIS PENGADAAN BARANG DAN JASA UNTUK PEMENUHAN PADA SHIP INSPECTION REPORT KAPAL-KAPAL FLEET IV DI PT. PERTAMINA INTERNATIONAL SHIPING (PIS). Dibimbing oleh Bapak Muh. Dahri, S.H.,M.Hum selaku dosen pembimbing I dan Prima Yudha Yudianto, MM. selaku dosen pembimbing II
Penelitian ini Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan sacara terperinci proses pelaksanaan pengadaan barang atau jasa devisi fleet IV di PT Pertamina Internasional Shipping hingga bisa menyelesaikan kendala yang muncul selama proses pengadaan barang atau jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengadaaan barang dan jasa devisi Fleet IV guna mencapai standarisasi pada Ship Inspection Report pada kapal yang akan dilakukan pemeriksaaan. Mencapai target tersebut langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan meminimalisir temuan yaitu dengan melakukan pengadaaan barang dan jasa. Pelaksaan pengadaaan barang dan jasa diawali dengan permintaaan barang dan jasa diatas kapal berupa action Plan, membuat OE (Order estimated) yang dibuat oleh estimator, melakukan pemilihan Tender (Vendor), melakukan penegasan harga dengan membuat kesepakatan harga dengan pemenang Tender, pembuatan Purchase Requisition (PR), penerbitan SPMP (Surat Perintah Mulai Kerja), mengirim email ke fungsi procurement untuk menerbitkan Purchase Order (PO), menerbitkan PO (Purchase Order) sebagai dasar membuat kontrak pekerjaan, membuat berita acara serah terima pekerjaan, pembuatan Berita Acara Masa Garansi untuk Proses penagihan ke keuangan. Kendala yang dihadapi pada saat proses pengadaan barang atau jasa adalah stok barang dipasaran terbatas, Discontinue (barang yang diinginkan tidak diproduksi lagi), Budgeting harga yang ditawarkan melebihi harga dari OE (Order Estimated).
Kata Kunci: Spare Part, Tender, Fleet IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Rosasinta, Swastika Diah
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation > HE561-971 Shipping
V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 29 Nov 2025 18:59
Last Modified: 29 Nov 2025 18:59
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item
View Item