Pelayanan Behandle CFS Kontainer Impor terhadap Kepuasan Konsumen di PT Terminal Petikemas Surabaya

Jasworo, Lutfa Alprimas (2023) Pelayanan Behandle CFS Kontainer Impor terhadap Kepuasan Konsumen di PT Terminal Petikemas Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Lutfa Alprimas Jasworo - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Lutfa Alprimas Jasworo - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lutfa Alprimas Jasworo - Fulltext.pdf] Text
Lutfa Alprimas Jasworo - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan Behandle Menurut Superintendent Container Freight Station (CFS) PT. Terminal Petikemas Surabaya, merupakan proses mengurus petikemas impor untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan dokumen oleh otoritas yang berwenang. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor Per-12/BC/2016 Bab II pasal 1 ayat (1) tentang Pemeriksaan Fisik Barang Impor, di mana pemeriksaan fisik merupakan aktivitas yang dilakukan oleh pejabat pemeriksa fisik untuk mengetahui jumlah dan jenis barang impor yang diperiksa guna keperluan pengklasifikasian dan penetapan nilai pabean. Dalam penelitian ini, kami akan mengidentifikasi sejauh mana konsumen puas dengan layanan yang diberikan dalam proses Behandle, termasuk keefektifan pemeriksaan fisik dan pengurusan dokumen yang dilakukan dan dikerjakan oleh PT. Terminal Petikemas Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik survei kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, populasi mengacu pada keseluruhan kelompok konsumen atau pelanggan perusahaan yang sedang diselidiki di PT. Terminal Petikemas Surabaya, sampel sebanyak 50 responden menggunakan Skala Likert di setiap kuesioner yang diberikan. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner, setelah itu data dikumpulkan dan dianalisis dengan teknik bantuan CSI (Customer Satisfaction Index) dengan data yang diolah melalui Microsoft Excel. Perhitungan nilai untuk menentukan kriteria tingkat kepuasan menggunakan metode Customer Satisfaction Index dan diperoleh nilai sebesar 82,51%. Artinya PT. Terminal Petikemas Surabaya sebagai penyedia layanan jasa terutama pelayanan Behande telah mencapai index kepuasan kategori “Sangat Puas”

Kata kunci : Behandle Impor, CFS, Kuantitatif, Indeks Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Jasworo, Lutfa Alprimas
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 01 Aug 2024 14:36
Last Modified: 01 Aug 2024 14:36
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item
View Item