Analisis Pengaruh Digitalisasi Pembuatan Masa Layar Terhadap Pelayanan Kepada Pengguna Jasa di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya

Rahmawati, Rosalina (2024) Analisis Pengaruh Digitalisasi Pembuatan Masa Layar Terhadap Pelayanan Kepada Pengguna Jasa di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Rosalina Rahmawati - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Rosalina Rahmawati - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Rosalina Rahmawati - Fulltext.pdf] Text
Rosalina Rahmawati - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ROSALINA RAHMAWATI, Analisis Pengaruh Digitalisasi Pembuatan Masa Layar Terhadap Pelayanan kepada Pengguna Jasa di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Dibimbing oleh Otri Wani Sihaloho, S.ST., M.M. dan Femmy Asdiana, S.H., M.H.
Pembuatan surat masa layar online mulai diterapkan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya sejak tahun 2018. Pengurusan online ini merupakan program yang digagas oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya untuk memperoleh penghargaan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan ISO (International Organization for Standardization) yang diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat pengurusan pembuatan surat keterangan masa layar. Sebelum pemberlakuan online, pengurusan manual dilakukan dengan cara mengambil nomor antrian serta membawa berkas yang telah ditentukan ke petugas untuk dicek. Proses tersebut memakan banyak waktu karena berkas yang diserahkan belum tentu benar dan harus kembali lagi untuk memberikan bekas yang sesuai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan kendala dalam pembuatan masa layar online terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya serta untuk mengetahui pengaruh digitalisasi pembuatan masa layar berupa web masa layar terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 responden yaitu pengguna jasa (pelaut dan agen) yang mengurus pembuatan masa layar di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier dengan model persamaannya Y= 13.183 + 0.374X + e. Hasil pengujian menunjukkan bahwa digitalisasi pembuatan masa layar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan kepada pengguna jasa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.406 atau 40.6%. Pada uji hipotesis diperoleh t hitung 2.338 > nilai t tabel 2.048 sehingga memiliki kesimpulan yaitu terdapat pengaruh digitalisasi pembuatan masa layar online (X) terhadap pelayanan kepada pengguna jasa (Y).
Kata kunci: Pengaruh, Digitalisasi Masa layar, Pelayanan kepada Pengguna Jasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Rahmawati, Rosalina
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE5880-5990 Express service
V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 29 Nov 2025 17:44
Last Modified: 29 Nov 2025 17:44
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item
View Item