Optimalisasi Pelayanan Pemanduan dan Penundaan Kapal di Alur Pelayaran Wajib Pandu di Pelabuhan Tanjung Priok Dalam Menjamin Keselamatan Pelayaran

Darmawan, Novan Dwiki (2024) Optimalisasi Pelayanan Pemanduan dan Penundaan Kapal di Alur Pelayaran Wajib Pandu di Pelabuhan Tanjung Priok Dalam Menjamin Keselamatan Pelayaran. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Novan Dwiki Darmawan - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Novan Dwiki Darmawan - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Novan Dwiki Darmawan - Fulltext.pdf] Text
Novan Dwiki Darmawan - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “ optimalisasi pelayanan pemanduan dan penundaan kapal di alur pelayaran wajib pandu di pelabuhan tanjung priok dalam menjamin keslamatan pelayaran” yang ditulis oleh Novan Dwiki Darmawan, NIT 08.20.033.1.12, Politeknik Pelayaran Surabaya. D – IV Transportasi Laut. Pembimbing M. Dahri, S.H., M.HUM. dan Drs. Teguh Pribadi, M.Si, QIA.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penundaan kapal yang sangatlah besar dan berguna bagi pengoperasian kapal. Satu hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan dalam proses penundaan kapal yaitu masalah keselamatan 2 kerja dan komunikasi dalam kerja. Sehingga semua Crew di kapal dapat mengoperasikan dan melaksanakan tugasnya dengan aman dan nyaman. Kapal tunda merupakan kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver/pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainya di pelabuhan. Pemanduan kapal tersebut dimaksudkan untuk kepentingan pertimbangan keslamatan pelayaran dan untuk itu, maka pengoptimalisasian armada kapal tunda sangat penting guna menjaga kondisi kapal dalam keadaan siapoperasi yaitu dengan menigkatkan kinerja pelayanan pemanduan guna tercapainya pemanduan jasa kapal untuk menunjang availability 80%. Peranan kapal tunda sangatlah penting dan membantu kapal khususnya Nakhoda dalam mengantarkan kapal saat melakukan kegiatan sandar/keluar dermaga.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Dalam penelitian ini peniliti mengumpulkan data dengan cara wawancara dan observasi dengan mengikuti kegiatan pemanduan untuk menyandarkan kapal dari waktu tunggu kapal hingga proses menyandarkan di terminal tujuan Kata kunci : Optimalisasi, pelayanan, keselamatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Darmawan, Novan Dwiki
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK1300-1491 Saving of life and property
V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK798-997 Sailing directions. Pilot guides
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 29 Nov 2025 16:48
Last Modified: 29 Nov 2025 16:48
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item
View Item