Pratama, Andhika Sandi Putra (2024) Pengaruh Fasiilitas Terminal Penumpang Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Pelabuhan Tanjung Perak. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
Andhika Sandi Putra Pratama - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf
Download (1MB)
Andhika Sandi Putra Pratama - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANDHIKA SANDI PUTRA PRATAMA, "Pengaruh Fasiilitas Terminal Penumpang Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Pelabuhan Tanjung Perak" Dibimbing oleh Bapak Bugi Nugraha, S.ST., M.M.Tr. dan Ibu Eka Nurmala Sari Agustina, M.Pd.
Pelabuhan Tanjung Perak yang diperuntukan untuk sebagai gerbang utama untuk menghubungkan wilayah-wilayah di dalam negeri maupun antarnegara. Dengan dibangunnya Terminal GSN di Pelabuhan Tanjung Perak diharapkan dapat sebagai akses mobilitas manusia sehingga memberikan kepuasan kepada penumpang. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas pelabuhan yang terdiri dari aspek keselamatan, kenyamanan, kemudahan dan kesetaraan terhadap kepuasan penumpang . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan pada Pelabuhan Tanjung Perak dengan waktu selama 1 tahun. Populasi peneliti menggunakan rata-rata penumpang perhari pada tahun 2024 sebanyak 4.593 penumpang. Hasil perhitungan rumus Slovin dapat ditentukan jumlah sampelnya sebanyak 100 penumpang, sumber data dalam penelitian ini menggunkan data primer dan skunder dengan teknik pengumpulan datanya yaitu: kuesioner, peraturan perundang-undangan, laporan resmi pemerintah, serta penelitian terdahulu yang relevan. Teknik analisis data yaitu uji Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini terdapat variabel yang mempengaruhi kepuasan pengguna jasa secara signifikan, yaitu keselamatan (12,2%), kemudahan (25%), dan kesetaraan (31,3%) pada fasilitas terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak. Variabel fasilitas terminal penumpang pada aspek keselamatan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pengguna jasa di Pelabuhan Tanjung Perak.
Sebagai upaya peningkatan kualitas fasilitas, peneliti menyarankan agar beberapa fasilitas dapat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Fasilitas seperti jalur pemandu tunanetra yang rusak sehingga perlu perbaikan. Selain itu jalur evakuasi ada yang berlubang sehingga perlu ditambal. Selain itu terdapat alat untuk naik atau turun penumpang menggunakan gangway atau jembatan naik turun kapal yang tidak ada penutup sehingga saat hujan akan licin dan dapat membahayakan penumpang.
Kata Kunci: Fasilitas, Terminal Penumpang, Kepuasan Pengguna Jasa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Creators: | Creators Email ORCID Pratama, Andhika Sandi Putra UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Subjects: | V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports |
| Divisions: | D4 Transportasi Laut |
| Depositing User: | atsi repo |
| Date Deposited: | 29 Nov 2025 16:20 |
| Last Modified: | 29 Nov 2025 16:20 |
| URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/601 |
