Pengaruh Effective Time : Berthing Time (ET:BT) Terhadap Berth Occupancy Ratio (BOR) di Terminal Mirah Tanjung Perak

Wiratama, Ahmad Alfan (2025) Pengaruh Effective Time : Berthing Time (ET:BT) Terhadap Berth Occupancy Ratio (BOR) di Terminal Mirah Tanjung Perak. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Ahmad Alfan Wiratama - Fulltext.pdf] Text
Ahmad Alfan Wiratama - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Ahmad Alfan Wiratama - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Ahmad Alfan Wiratama - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Alfan Wiratama. Pengaruh Effective Time : Berthing Time (ET:BT) Terhadap Berth Occupancy Ratio (BOR) di Terminal Mirah Tanjung Perak. Dibimbing oleh Intan Sianturi, S.E., M.M.Tr. dan Eka Nurmala Sari Agustina, M.Pd.
Pelabuhan merupakan elemen vital dalam kelancaran distribusi barang, mencakup kegiatan pembongkaran dan pemuatan pada kapal laut. (Rahayu et al., 2021). Peran pelabuhan dalam perdagangan global memiliki dampak yang signifikan terhadap suatu wilayah, daerah, bahkan negara, karena mempengaruhi jalannya aktivitas ekonomi dan pertumbuhan. (Sianturi et al., 2021). Terminal Mirah yang beroperasi di bawah otoritas KSOP Utama Tanjung Perak, memainkan peran strategis dalam efisiensi bongkar muat kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan standar kinerja pelabuhan yang berlaku. Dan untuk menganalisis pengaruh ET:BT terhadap BOR di Terminal Mirah Tanjung Perak
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Data diperoleh dari laporan bulanan Standar Kinerja Pelabuhan KSOP Utama Tanjung Perak selama periode 2020-2024. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai ET:BT pada tahun 2023 dan 2024 masih berada dibawah standar minimal yang ditetapkan, yaitu 65%, dengan rata-rata masing-masing sebesar 55,99% dan 53,39%. Sementara itu, nilai BOR masih dalam batas aman yang ditentukan, yaitu tidak melebihi 70%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara ET:BT terhadap BOR dengan nilai signifikansi 0,031 < 0,05 dan nilai t-hitung -2,212 lebih besar dari ttabel 2,000 secara absolut yang berarti (Ha) diterima. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.078 menunjukkan bahwa ET:BT mempengaruhi BOR sebesar 7,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi factor lain yang tidak dibahas di penelitian ini
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar Terminal Mirah meningkatkan efektivitas operasional melalui optimalisasi infrastruktur, pelatihan tenaga kerja, serta peningkatan efisiensi proses bongkar muat guna meningkatkan nilai ET:BT yang berdampak pada optimaliasasi BOR
Kata kunci : Effective Time : Berthing Time, Berth Occupancy Ratio, Terminal Mirah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Wiratama, Ahmad Alfan
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: atsi repo
Date Deposited: 19 Nov 2025 10:21
Last Modified: 19 Nov 2025 10:21
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item
View Item