Mahendra, Adam Rizal (2025) Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Umum Berdasarkan Standar Kinerja Operasional di Pelabuhan Tanjung Wangi. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
Adam Rizal Mahendra Halaman Awal Bab I, II & III.pdf
Download (905kB)
Adam Rizal Mahendra - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Adam Rizal Mahendra, Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Umum Berdasarkan Standar Kinerja Operasional Di Pelabuhan Tanjung Wangi dibimbing oleh bapak Faris Nofandi, S.Si.T., M.Sc. dan ibu Diana Alia, S.T, M.Eng.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja pelayanan dermaga di Pelabuhan Tanjung Wangi berdasarkan indikator operasional utama, yaitu waktu tunggu kapal (waiting time), waktu pelayanan pemanduan (approach time), serta rasio antara waktu efektif (effective time) dengan waktu tambat (berth time). Tujuan selanjutnya yaitu menganalisis pengaruh jumlah kunjungan kapal terhadap kinerja pelayanan pelabuhan khususnya dalam aspek efisiensi pelayanan dan penggunaan fasilitas dermaga, dan memproyeksikan nilai Berth Occupancy Ratio (BOR) dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi hingga tahun 2028 guna mengetahui potensi kepadatan dermaga di masa depan dan mengidentifikasi kebutuhan perbaikan infrastruktur. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ratarata waktu tunggu kapal sebesar 0,55 jam dan waktu pelayanan pemanduan sebesar 0,41 jam, keduanya masih berada dalam batas standar kinerja nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Sementara itu, rasio waktu efektif terhadap waktu tambat tercatat sebesar 73%, yang juga memenuhi standar kinerja yang disarankan oleh KSOP dan Pelindo. Selain itu, proyeksi kunjungan kapal menunjukkan peningkatan signifikan hingga tahun 2028, yang turut mendorong kenaikan nilai Berth Occupancy Ratio (BOR). Berdasarkan proyeksi, BOR pada dermaga curah kering berpotensi mendekati atau melebihi batas ideal 50% pada tahun 2028 apabila tidak disertai peningkatan kapasitas dermaga dan efisiensi operasional. Dengan demikian, meskipun saat ini kinerja pelayanan dermaga dinilai cukup baik, perlu adanya langkah antisipatif dalam bentuk perencanaan infrastruktur dan optimalisasi manajemen untuk menjaga kelancaran pelayanan pelabuhan di masa mendatang.
Kata Kunci: Waiting Time, Approach Time, Effective Time, Berth Time, Berth Occupancy Ratio
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Creators: | Creators Email ORCID Mahendra, Adam Rizal UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Subjects: | V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports |
| Divisions: | D4 Transportasi Laut |
| Depositing User: | atsi repo |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 10:19 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 10:19 |
| URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/580 |
