Analisis Kendala Pelayanan Jasa Bongkar Muat Peti Kemas Terhadap Kelancaran Operasional pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut Studi Kasus di PT. Gloria Lautan Kasih

Havidzi, Mochammad Riyan (2024) Analisis Kendala Pelayanan Jasa Bongkar Muat Peti Kemas Terhadap Kelancaran Operasional pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut Studi Kasus di PT. Gloria Lautan Kasih. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Mochammad Riyan Havidzi - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Mochammad Riyan Havidzi - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Mochammad Riyan Havidzi - Fulltext.pdf] Text
Mochammad Riyan Havidzi - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mochammad Riyan Havidzi, NIT. 0820012108 , 2024, “Analisis kendala pelayanan jasa bongkar muat peti kemas terhadap kelancaran operasional pada perushaan ekspedisi muatan kapal laut”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Transportasi Laut Politeknik Ilmu Pelayaran Surabaya, Pembimbing I: Bugi Nugraha,SST.,M.M.Tr, Pembimbing II: Akhamd Kasan Gupron, M.PD
Pelayanan peti kemas adalah layanan yang terkait dengan penggunaan peti kemas atau peti kemas dalam proses pengiriman barang. Peti kemas sendiri adalah wadah khusus yang digunakan untuk mengemas dan mengangkut barang secara efisien, terutama dalam perdagangan. Pada proses memasukkan barang atau stuffing barang yang dikemas dalam bentuk palet, metal box dan curah. Proses untuk masuk ke dalam peti kemas ukuran 20 feet maupun 40 feet ditentukan oleh jumlah permintaan pembeli/buyer.metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penulis memilih penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini sesuai dengan sifat penelitian penulis yang deskriptif dan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan lain-lain. Selain itu, penelitian ini juga sesuai dengan tujuan penelitian yang bersifat praktis. kesalahan dalam pengelolaan stok peti kemas dapat berdampak buruk pada perusahaan, seperti kerusakan barang, biaya tambahan, dan reputasi yang tercemar. Untuk meningkatkan pelayanan bongkar muat peti kemas, perusahaan perlu meningkatkan komunikasi, pelatihan karyawan, pengecekan truk, pemeliharaan forklift, dan kolaborasi dengan pengguna jasa. Proses pengiriman barang melalui pelabuhan melibatkan berbagai tahapan dan pihak seperti consignee, supplier, shipper, dan field executive. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pelayanan jasa bongkar muat peti kemas di perusahaan ekspedisi mengalami berbagai kendala, seperti terlambatnya sopir truk, keterlambatan pengiriman dokumen, kekurangan peti kemas, kerusakan alat pemindah peti kemas di depo, keterlambatan mulainya jam kerja, dan terlalu banyak peti kemas yang tidak sesuai dengan spesifikasi oleh pihak eksportir.
Kunci: Pelayanan, Kendala, Proses, Bongkar muat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Havidzi, Mochammad Riyan
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 16 Nov 2025 15:37
Last Modified: 16 Nov 2025 15:37
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item
View Item