Efektifitas Pelayanan Penumpang dalam Kegiatan Embarkasi Debarkasi sesuai Standart (S.O.P) oleh PT. Dharma Lautan Utama Cabang Banyuwangi

Wiratama, Indra Setia (2023) Efektifitas Pelayanan Penumpang dalam Kegiatan Embarkasi Debarkasi sesuai Standart (S.O.P) oleh PT. Dharma Lautan Utama Cabang Banyuwangi. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Indra Setia Waratama - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Indra Setia Waratama - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Indra Setia Waratama - Fulltext.pdf] Text
Indra Setia Waratama - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

INDRA SETIA WIRATAMA, efektivitas pelayanan penumpang dalam kegiatan embarkasi debarkasi sesuai standart (S.O.P) oleh PT. DHARMA LAUTAN UTAMA cabang Banyuwangi. Dibimbing oleh Bapak Muhammad Dahri, S.Hum, M.H dan Ibu Dwi Yanti Margosetiyowati, S.Kom, M.Sc
Salah satu komponen sistem transportasi nasional, transportasi laut memainkan peran penting dan strategis dalam transportasi penumpang, barang, dan jasa baik alam dan luar negeri. Salah satu subsistem transportasi laut adalah pelabuhan laut, yang merupakan titik atau mode di mana pergerakan barang dan penumpang melalui moda laut dimulai, diakhiri, atau transit. PT. Dharma Lautan Utama merupakan perusahaan pelayaran yang bergerak dibidang kapal penumpang dan kendaraan yang dimodifikasi menjadi Roll on-Roll off (Ro-Ro) atau Ferry. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran secara langsung bagaimana sistem dan prosedur PT. Dharma Lautan Utama Cabang Ketapang dalam kegiatan efektivitas pelayanan penumpang dalam kegiatan embarkasi debarkasi yang kegiatannya beroperasi sepanjang waktu, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang timbul dalam Sistem dan Prosedur pelayanan terhadap Penumpang dan Kendaraan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengumpulan data oleh penulis saat melakukan praktek darat (Prada) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi atau studi literatur. Hasil Pembahasan diperoleh bahwa dalam kegiatan pelayaran perusahaan memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan layanan pelayaran yang efisien dan menyeluruh, terdapat kendala- kendala seperti cuaca buruk, truk odol yang mempengaruhi keterlambatan kapal. Sehingga dalam kegiatan embarkasi debarkasi pelayaran perlu dilakukan upaya untuk mencegah kendala yang ada.

Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan, Kendala

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Wiratama, Indra Setia
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 31 Jul 2024 11:40
Last Modified: 31 Jul 2024 11:40
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item