Susanta, Ilma Puteri (2023) Analisis Pelayanan Penumpang dan Kendaraan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) PT. Dharma Lautan Utama Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
Ilma Puteri Susanta - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf
Download (824kB)
Ilma Puteri Susanta - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Ilma Puteri Susanta , Analisis Pelayanan Penumpang Dan Kendaraan Sesuai Dengan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) PT. Dharma Lautan Utama Tanjung Perak Surabaya. Dibimbing oleh Muhammad Dahri, S.Hum, M.H. dan Dr. Ardhiana Puspitacandri, S.Psi., M.Psi.
Kepuasan pelanggan dapat dicapai melalui berbagai aktivitas yang melibatkan interaksi langsung antar manusia atau antara manusia dengan mesin fisik. Tentu saja, transportasi juga sangat penting dalam aspek sosial, penggunaan lahan atau teritorial, politik, keamanan, dan pengembangan budaya, terutama di perkotaan. Sangat penting bagi pemerintah untuk berinvestasi besar-besaran dalam pembangunan infrastruktur dan fasilitas transportasi sehingga semua daerah, bahkan yang paling pedesaan dan tidak dapat diakses, memiliki akses ke layanan yang mereka butuhkan.
Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan di PT. Dharma Lautan Utama Tanjung Perak Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pelayanan penumpang dan kendaraan dalam menjamin kelancaraan , keamanan dan keselamatan. Selain itu , untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pelakaksanaan Standar Operasional Pelabuhan (SOP) dalam pelayanan penumpang dan kendaraan pada kegiatan embarkasi dan debarkasi. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif kualitatif , penelitian dengan Teknik pengumpulan data berupa obervasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa di PT.Dharma Lautan Utama telah melaksanakan embarkasi dan debarkasi pelayanan penumpang dan kendaraan sesuai dengan SOP yang ditulisnya. Dengan menambahkan penambahan jumlah alat checking mandiri , penggolongan jenis kelamin dan menambah jumlah petugas pelayanan penumpang dan kendaraan sebagai Upaya untuk menjamin kelancaran , keamanan dan keselamatan PT. Dharma Lautan Utama. Selain itu faktor pelaksanaan SOP adalah faktor Sumber Daya Manusia ( SDM) , saranan dan prasarana berupa mesin tiket mandiri dan pintu masuk yang berbeda.
Kata kunci: Pelayanan , Penumpang Dan Kendaraan , Standar Operasional Prosedur ( SOP )
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Creators: | Creators Email ORCID Susanta, Ilma Puteri UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation |
Divisions: | D4 Transportasi Laut |
Depositing User: | Rice Agustina |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 11:13 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 11:13 |
URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/53 |