Analisis Keterlambatan Keberangkatan Kapal Terhadap Efektifitas Waktu Loading Cargo Fatty ACD Methyl Ester (Fame) di Dermaga kuas

Ansyah, Ichad Wahyu Alpi (2024) Analisis Keterlambatan Keberangkatan Kapal Terhadap Efektifitas Waktu Loading Cargo Fatty ACD Methyl Ester (Fame) di Dermaga kuas. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Ichad Wahyu Alpi Ansyah - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Ichad Wahyu Alpi Ansyah - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Ichad Wahyu Alpi Ansyah - Fulltext.pdf] Text
Ichad Wahyu Alpi Ansyah - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ICHAD WAHYU ALPI ANSYAH, 2024. Analisis keterlambatan keberangkatan kapal terhadap efektivitas waktu loading cargo fatty acid methlt ester (FAME) di Dermaga Kias, Dibimbing oleh Ibu Dr. Indah Ayu Johanda Putri,S.E.,M.Ak. dan Ibu Henna Nurdiansari,S.T.,M.T.,M.Sc. Skripsi Program Studi Transportasi Laut Politeknik Pelayaran Surabaya.
Efektifitas loading cargo fatty acid methyl ester (FAME) di Dermaga kias memiliki peran yang krusial dalam proses operasional Pelabuhan. Beberapa kendala ditemukan diantaranya faktor dokumen, cuaca buruk dan kerusakan peralatan sehingga mengakibatkan terjadinya keterlambatan keberangakatan kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya keterlambatan keberangkatan kapal serta upaya untuk mengatasi keterlambatan keberangkatan kapal.
Metode penelitian yang digunakan penulis untuk mengatasi masalah tersebut adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dengan melakukan review dari berbagai penyebab keterlambatan. Data-data yang diperoleh berupa observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai keterlambatan keberangkatan kapal.
Hasil penelitian penyebab terjadinya keterlambatan keberangkatan kapal dengan nilai Risk Priority Number (RPN) diantaranya adalah terjadinya keterlambatan kepengurusan dokumen kapal yang memiliki resiko tinggi dengan nilai Risk Priority Number 80 dengan presentase 71.43%, cuaca buruk dengan nilai Risk priority Number sebesar 24 dengan presentase 21.43%. dan kerusakan peralatan dengan nilai Risk priority Number sebesar 8 dengan presentase 7.14%. Kesimpulan untuk penelitian ini adalah untuk mengatasi keterlambatan keberangkatan kapal yaitu dengan memonitoring daftar dokumen kapal, menambah sarana dan prasarana kapal, memantau prakiraan cuaca secara berkala dan melakukan pengecekan alat secara berkala.
Kata Kunci : Keterlambatan Keberangkatan Kapal, Efektifitas Loading Cargo, Dermaga Kias, FMEA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Ansyah, Ichad Wahyu Alpi
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 13 Nov 2025 09:57
Last Modified: 13 Nov 2025 09:57
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item