Optimalisasi Web Service PT. Adhika Samudera Jaya Sebagai Upaya Mempermudah Pemesanan dan Akses Jasa Keagenan Kapal

Wicaksono, Hanifa Bagus Priagung (2024) Optimalisasi Web Service PT. Adhika Samudera Jaya Sebagai Upaya Mempermudah Pemesanan dan Akses Jasa Keagenan Kapal. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Hanifa Bagus Priagung Wicaksono - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Hanifa Bagus Priagung Wicaksono - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hanifa Bagus Priagung Wicaksono - Fulltext.pdf] Text
Hanifa Bagus Priagung Wicaksono - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hanifa Bagus Priagung Wicaksono. Optimalisasi Web Service PT. Adhika Samudera Jaya Sebagai Upaya Mempermudah Pemesanan dan Akses Jasa keagenan Kapal. Dibimbing oleh Dosen Pembimbing I Bapak Faris Novandi, S.Si.T., M.Sc. dan Dosen Pembimbing II Ibu Diyah Purwitasari, S.Psi, M. M.
Web service PT. Adhika Samudera Jaya memiliki tujuan untuk pemasaran dan menyebarkan informasi mengenai perusahaan keagenan kapal. Namun pada kenyataannya masih diperlukan optimalisasi web service PT. Adhika Samudera Jaya yakni di penambahan fitur yang lebih ditekankan fitur akses pemesanan dalam jasa keagenan kapal yang dapat memudahkan pengguna web service dalam melakukan pemesanan jasa keagenan kapal dengan cepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang kondisi eksisting sistem web service PT. Adhika Samudera Jaya serta pelaksanaan optimalisasi web service PT. Adhika Samudera Jaya melalui rancang bangun dummy web. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan web saat ini tidak memadai dalam memenuhi kebutuhan pengguna, khususnya dalam hal fungsionalitas pemesanan. Prototipe yang diusulkan menggabungkan sistem pemesanan yang ramah pengguna, navigasi yang ditingkatkan, dan fitur keamanan yang ditingkatkan. Serta penambahan fitur akses pemesanan ini dapat memudahkan pengguna web service dalam melakukan pemesanan jasa keagenan kapal dengan cepat dan akurat. Maka, dengan adanya pembaharuan dalam web service diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan online serta dapat menjadi jawaban atas pelayanan yang berdasarkan pengalaman pengguna selama mengakses web service PT. Adhika Samudera Jaya.
Kata kunci: Web service, Pemesanan, Keagenan kapal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Wicaksono, Hanifa Bagus Priagung
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation > HE561-971 Shipping
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 13 Nov 2025 09:55
Last Modified: 13 Nov 2025 09:55
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item
View Item