Analisis Pengaruh Effective Time Terhadap Berth Occupancy Ratio di Wilayah Tersus Semen Indonesia Group Tuban

Rahmawan, Hidyan (2024) Analisis Pengaruh Effective Time Terhadap Berth Occupancy Ratio di Wilayah Tersus Semen Indonesia Group Tuban. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Hidyan Rahmawan - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
Hidyan Rahmawan - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of Hidyan Rahmawan - Fulltext.pdf] Text
Hidyan Rahmawan - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hidyan Rahmawan. Analisis Pengaruh Effective Time Terhadap Berth Occupancy Ratio di Wilayah Tersus Semen Indonesia Group Tuban. Dibimbing oleh Dian Junita Arisusanty, S.S.IT., M.M dan Anak Agung Istri Sri Wahyuni, S.Si.T., M.Sda.
Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17.500 pulau, memiliki wilayah perairan yang luas, sehingga transportasi laut menjadi sektor vital dalam mengintegrasikan barang dan jasa. Untuk mendukung peran tersebut, Indonesia harus memiliki infrastruktur transportasi laut seperti pelabuhan yang tangguh dan potensial agar dapat berfungsi secara optimal. Untuk memastikan keefektifan dan efisiensi operasional pelabuhan, indikator seperti Effective Time dan Berth Occupancy Ratio perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Effective Time terhadap Berth Occupancy Ratio, serta persentase pengaruh Effective Time terhadap Berth Occupancy Ratio di Terminal Khusus Semen Indonesia Group Tuban. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Effective Time (X) tertinggi secara total berada di bulan Oktober 2022 sebesar 2039,7 jam, sedangkan Effective Time terendah secara total berada di bulan Mei 2023 sebesar 1161,6 jam. Effective Time rata-rata tertinggi berada di bulan September 2022 sebesar 38,75%, dan yang terendah di bulan November 2022 sebesar 33,08%. Berth Occupancy Ratio (Y) tertinggi dengan kategori per-dermaga berada di bulan Juli 2023 dengan rasio sebesar 99,11% di dermaga T3 (Timur Nomor 3), sedangkan yang terendah berada di bulan Januari, Maret, April, Mei, dan Juni 2023 dengan rasio sebesar 0% karena dermaga T2 (Timur Nomor 2) tidak melayani bongkar muat barang. Berth Occupancy Ratio rata-rata tertinggi dari total 7 dermaga berada di bulan November 2022 dengan rasio sebesar 60,92%, dan yang terendah di bulan Mei 2023 sebesar 34,11%. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh sebesar 43,8% dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Model regresi yang diperoleh adalah Y = 0,0219x + 14,233, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara Effective Time terhadap Berth Occupancy Ratio.
Kata Kunci: Effective Time, Berth Occupancy Ratio, Terminal Khusus Semen Indonesia Group

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Rahmawan, Hidyan
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation > HE561-971 Shipping
V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 13 Nov 2025 09:53
Last Modified: 13 Nov 2025 09:53
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item
View Item