Analisis Penanggulangan Resiko Kecelakaan Kerja Proses Sandar Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Pambayun, Fajar Dadang (2024) Analisis Penanggulangan Resiko Kecelakaan Kerja Proses Sandar Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of FAJAR DADANG PAMBAYUN - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf] Text
FAJAR DADANG PAMBAYUN - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FAJAR DADANG PAMBAYUN - FullText.pdf] Text
FAJAR DADANG PAMBAYUN - FullText.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAJAR DADANG PAMBAYUN, Analisis Penanggulangan Resiko Kecelakaan Kerja Proses Sandar Kapal Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dibimbing oleh Ibu Maulidiah Rahmawati, S.Si, M.Si. dan Ibu Diyah Purwitasari, S.Psi., S.Si., M.M.
Terminal pelabuhan berfungsi sebagai tempat berlabuh, penyimpanan barang, dan bongkar muat, yang berpotensi membahayakan keselamatan kerja. Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) melindungi pekerja dari bahaya di tempat kerja. Namun, kurangnya kesadaran pekerja di pelabuhan dalam memakai Alat Pelindung Diri (APD) saat bekerja di area pelabuhan masih menjadi masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko, dampak serta upaya penanggulangan kecelakaan kerja pada proses sandar kapal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Mengingat pentingnya penggunaan APD dalam melakukan pekerjaan di pelabuhan, keselamatan kerja menjadi aspek krusial yang harus diperhatikan. Dengan menggunakan metode HAZOPS (Hazard and Operability Study), penelitian ini mengidentifikasi potensi bahaya dan memberikan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan untuk mengurangi risiko kecelakaan selama proses sandar kapal.
Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 40 petugas pada seksi patroli dan penindakan di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Utama (KSOP) Tanjung Perak Surabaya. Metode pengumpulan data berupa observasi langsung, dokumentasi, serta kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama penyebab kecelakaan kerja adalah kegagalan peralatan, kesalahan manusia (human error), dan lingkungan. Persentase kecelakaan tertinggi disebabkan oleh kegagalan peralatan, dengan 63% pada tingkat ekstrim dan 20% pada tingkat tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengendalian risiko atau mitigasi risiko berupa perawatan rutin pada alat-alat kerja di pelabuhan.
Kata Kunci: Analisis Risiko, Kecelakaan Kerja, K3, HAZOP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Pambayun, Fajar Dadang
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: astaka repo
Date Deposited: 13 Nov 2025 09:51
Last Modified: 13 Nov 2025 09:51
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item
View Item