Pratiwi, Aisyah Chika (2024) Analisis Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Market Share Curah Cair di Terminal Nilam. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
Aisyah Chika Pratiwi - Halaman Awal Bab I, II & III.pdf
Download (1MB)
Aisyah Chika Pratiwi - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Bagi perusahaan persaingan bisnis adalah hal yang memiliki tantangan tersendiri. Untuk bertahan dalam persaingan tersebut, perusahaan harus menaikkan nilai perusahaan baik secara strategi maupun kualitas. Jika sebuah perusahaan dapat mencapai target sesuai dengan perencanaan, maka semakin besar keuntungan yang didapat oleh perusahaan tersebut. Market share adalah besaran ukuran yang dikuasai oleh suatu produk atau merek dalam sebuah perusahaan, hal ini dapat dilihat dari tingginya permintaan sekelompok konsumen membeli suatu produk tertentu dan jarang membeli produk yang berada diluar pasar. Terminal Nilam dikelola oleh PT Pelindo Multi Terminal yang merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia. Untuk menunjang kegiatan bongkar muat diperlukan Perusahaan Bongkar Muat (PBM). PBM memiliki tugas bertanggung jawab dalam menangani kegiatan bongkar dan muat dengan aman dan sesuai dengan dokumen. Berbeda dengan terminal petikemas yang PBM sudah disediakan oleh Pelindo, Terminal Nilam sebagai terminal multipurpose pengguna jasa atau pemilik barang dapat memilih menggunakan PBM Pelindo atau mencari PBM swasta (PBM non Pelindo). terdapat faktor faktor menyebabkan terjadinya kompetisi persaingan pasar untuk mendapatkan konsumen yang ingin menggunakan jasa bongkar muat perusahaan mereka baik Pelindo maupun non Pelindo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi bisnis yang dapat dilakukan oleh PBM Pelindo untuk menaikkan market share. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengumpulan data oleh penulis saat melakukan praktek darat (Prada) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis Boston Consulting Group, SWOT, Fishbone, dan Time Series. Hasil pembahasan diperoleh bahwa market share PBM Pelindo masih kalah dengan market share PBM non Pelindo untuk bongkaran RBD Palm Olein, kemudian masih perlunya sertifikasi dan standar terkait bongkar muat untuk PBM Pelindo. Lalu juga masih banyak TKBM dari PBM Pelindo yang mengabaikan pentingnya K3.
Kata kunci : Market share, Curah cair, PBM Pelindo, PBM Non Pelindo
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Creators: | Creators Email ORCID Pratiwi, Aisyah Chika UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Subjects: | V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports |
| Divisions: | D4 Transportasi Laut |
| Depositing User: | astaka repo |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:04 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:04 |
| URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/435 |
