Fadhlurrahman, Tandy Alif (2024) Upaya Pencegahan terjadinya Kapal Larat saat Berlabuh Jangkar di Kapal MT. Griya Ambon. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
![[thumbnail of Tandy Alif Fadhlurrahman - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tandy Alif Fadhlurrahman - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Tandy Alif Fadhlurrahman - Fulltext.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tandy Alif Fadhlurrahman - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tandy Alif Fadhlurrahman, “Upaya Pencegahan Terjadinya Kapal Larat Saat Berlabuh Jangkar Pada Kapal MT. Griya Ambon” Dibimbing oleh Ibu Capt Upik Widyaningsih, M.Pd,M. Mar dan Bapak Faris Nofandi, S.Si.T,M.Sc.
Kapal merupakan salah satu alat transportasi yang sering digunakan manusia untuk melakukan perpindahan barang, atau manusia ke segala tempat melalui laut dan sungai. Berlabuh jangkar adalah suatu kegiatan kapal yang berhenti ditengah laut yang bertujuan untuk menunggu waktu kapan kapal akan sandar di pelabuhan. Berlabuh jangkar artinya keadaan dimana kapal terikat di dasar perairan oleh jangkar, sehingga kapal tidak mengalami pergerakan oleh pengaruh dari arus, angin, ataupun ombak. Jangkar larat adalah suatu keadaan ketika daya cengkram jangkar tidak mencukupi untuk menahan kapal untuk tetap pada posisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pencegahan terjadinya kapal larat saat berlabuh jangkar di kapal MT. Griya Ambon dan faktor-faktor penyebab kapal larat pada saat berlabuh di Balongan Anchorage. Dalam KIT ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode yang bersifat observatif yaitu dengan mengamati kegiatan yang ada dan metode interview yaitu melakukan wawancara secara langsung kepada crew kapal tentang upaya pencegahan terjadinya kapal larat saat berlabuh jangkar dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kapal larat. Dan juga jurnal serta internet yang memiliki hubungan pada objek penelitian sebagai sumber data pendukung penelitian. Setelah data terkumpul peneliti menggunakan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan
Hasil dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa, faktor-faktor dari jangkar larat pada saat berlabuh di Balongan Anchorage adalah karena disebabkan faktor alam, faktor peralatan, faktor sumber daya manusia. Dampak-dampak yang dapat ditimbulkan dari adanya jangkar larat yaitu kandas, tubrukan, lalu lintas pelayaran terganggu, dan kerugian bagi perusahan serta kapal. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya jangkar larat antara lain, tindakan pencegahan secara internal dan tindakan pencegahan secara eksternal.
Kata kunci : Berlabuh, Mencegah, Larat, Faktor, Upaya, Penyebab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Creators: | Creators Email ORCID Fadhlurrahman, Tandy Alif UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports |
Divisions: | D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal |
Depositing User: | Rice Agustina |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 11:10 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 11:10 |
URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/428 |