Sabang, Saddang Bin (2024) Analisis Penyebab Kapal Kandas saat Memasuki Alur Pelayaran Sempit Sungai Mahakam MT. Tameda Maru 03. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
![[thumbnail of Saddang Bin Sabang - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Saddang Bin Sabang - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Saddang Bin Sabang - Fulltext.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Saddang Bin Sabang - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
SADDANG BIN SABANG. “Analisis Penyebab Kapal Kandas Saat Memasuki Alur Pelayaran Sempit Sungai Mahakam MT. Tameda Maru 03” Dibimbing Oleh Bapak Firdaus Sitepu dan Bapak Faris Nofandi .
Kandasnya kapal saat melalui jalur pelayaran yang sempit merupakan insiden yang sering terjadi. Penyebab utamanya melibatkan faktor-faktor seperti perubahan pasang-surut air dan kepadatan lalu lintas di alur pelayaran yang terbatas. Kapal dapat mengalami kecelakaan ketika berpapasan dengan kapal lain atau dalam situasi mengejar di alur yang sempit, terutama jika pandu kapal tidak mengambil keputusan dengan cermat. Hal ini bisa menyebabkan kapal menabrak tepi alur dan terdampar karena posisinya terlalu dekat dengan tepian jalur pelayaran. Penelitian ini ditujukan oleh para pembaca agar lebih paham tentang bagaimana bernavigasi saat memasuki alur dan menambah pola pikir khususnya dalam hal tentang cara berolah gerak kapal dalam memasuki alur pelayaran sempit. Penulis melakukan Penelitian ini selama 1 Tahun (2021) di kapal MT. Tameda Maru 03, praktik laut (prala) dengan Metode Kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara dianggap sebagai data primer, sementara data yang diperoleh melalui buku-buku dianggap sebagai data sekunder dalam penelitian ini. Teknik Analisis Data Kualitatif digunakan untuk menganalisis temuan penelitian, yang menunjukkan bahwa kapal mengalami kandas saat memasuki Alur Pelayaran Sempit disebabkan kapal yang memuat melebihi safe draft serta pengambilan keputusan yang kurang tepat oleh Nahkoda untuk melakukan overtaking pada saat air mulai mengalami surut. Agar menghindari hal tersebut tidak terulang kembali diharapkan Nahkoda memperhatikan table pasang surut setempat dengan memperhatikan kondisi diatas kapal.
Kata Kunci : Penyebab, Kandas, Pelayaran Sempit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Creators: | Creators Email ORCID Sabang, Saddang Bin UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine |
Divisions: | D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal |
Depositing User: | Rice Agustina |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 10:16 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 10:16 |
URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/425 |