Analisa Open Brake Jangkar Kiri KM. Fatima III pada saat Berlabuh di Teluk Lamong

Musta'in, Resza Rahmat (2024) Analisa Open Brake Jangkar Kiri KM. Fatima III pada saat Berlabuh di Teluk Lamong. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Resza Rahmat Musta'in - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Resza Rahmat Musta'in - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Resza Rahmat Musta'in - Fulltext.pdf] Text
Resza Rahmat Musta'in - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RESZA RAHMAT MUSTA’IN, Analisa Open Brake Jangkar Kiri KM. Fatima III Pada Saat Berlabuh Di Teluk Lamong. Dibimbing oleh Firdaus Sitepu dan Faris Nofandi.
Jangkar berfungsi untuk menahan berat kapal agar tidak mudah goyah ketika sedang berlabuh. Pada saat akan masuk wilayah Pelabuhan Teluk Lamong, KM Fatima III sedang berolah gerak untuk persiapan berlabuh jangkar di anchorage area teluk, kapal tersebut anchor loss jangkar kiri setelah melaksanakan proses drop anchor dengan cara open break. Penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang dihadapi serta mengumpulkan data atau informasi untuk disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisis. Serta jurnal pendukung agar penelitian ini mendukung dalam sumber data. Penelitian ini dilaksanakan peneliti melaksanakan praktek kerja laut (PRALA) selama 1 tahun dari 07 September 2021 sampai dengan 03 Oktober 2022 di kapal KM. Fatima III milik perusahaan PT. Pelayaran Samasagung Tunggalperkasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor-faktor yang menyebabkan terlepasnya jangkar kiri pada saat berlabuh jangkar di anchorage di teluk Lamong, yaitu kurangnya kesadaran crew kapal akan pentingnya proses berlabuh jangkar, pemilihan metode berlabuh jangkar yang kurang efektif dan pelaksanaan proses berlabuh jangkar yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada, kurangnya perawatan dan pengecekan terhadap peralatan berlabuh jangkar/mesin jangkar (windlass), kondisi lingkungan yang tidak mendukung dalam pelaksanaan proses berlabuh jangkar. Prosedur berlabuh jangkar yang benar dilaksanakan dalam 3 tahap meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Tahap persiapan yaitu semua crew yang sudah dibagi menjadi tim anjungan dan tim haluan harus mempersiapkan tugas dan tanggung jawab masing-masing, seperti tim anjungan menentukan posisi dan metode berlabuh jangkar serta tim haluan yang mempersiapkan mesin jangkar. Tahap pelaksanaan dimana tim anjungan melakukan proses maneuvering termasuk Nahkoda yang menentukan kapan jangkar akan dilego sedangkan tim haluan menunggu perintah Nahkoda untuk mengeksekusi pelaksanaan labuh jangkar. Kemudian tahap terakhir setelah drop anchor adalah mematikan pompa hydraulic dan memasang stopper jangkar. Pelaksanaan labuh jangkar di KM. Fatima III selama ini sudah sesuai dengan prosedur yang ada.
Kata Kunci : Analisa, Open Brake, Jangkar Kiri, Berlabuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Musta'in, Resza Rahmat
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VC10-580 Naval maintenance > VC270-279 Equipment of vessels, supplies, allowances, etc.
V Naval Science > VK1-1661 Navigation. Merchant marine > VK321-369.8 Harbors. Ports
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 24 Sep 2025 11:20
Last Modified: 24 Sep 2025 11:20
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item
View Item