Persepsi Pelaut terhadap Sistem Buku Pelaut Online Menggunakan Analisis TAM (Studi Kasus di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Tahun 2023)

Wijaya, Fanny Mahardithama Trisno (2023) Persepsi Pelaut terhadap Sistem Buku Pelaut Online Menggunakan Analisis TAM (Studi Kasus di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Tahun 2023). Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Fanny Mahardithama Trisno Wijaya - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
Fanny Mahardithama Trisno Wijaya - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of Fanny Mahardithama Trisno Wijaya - Fulltext.pdf] Text
Fanny Mahardithama Trisno Wijaya - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fanny Mahardithama Trisno Wijaya, Persepsi Pelaut terhadap Sistem Buku Pelaut Online Menggunakan Analisis TAM (Studi Kasus di Kantor Kesyahbandaran Utama Tahun 2023). Dibimbing oleh Ibu Intan Sianturi dan Ibu Diyah Purwotasasi.
Aplikasi buku pelaut online merupakan sebuah platform layanan publik yang berbasis website, uang dikembangkan oleh unit Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Republik Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pembuatan buku pelaut secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi apa saja faktor yang mempengaruhi penerimaan digitalisasi sistem buku pelaut online oleh Pelaut di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang pelaut yang pernah melakukan pelayanan buku pelaut online di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan mengukur Perceived Usefullnes dan Perceived Ease of Use. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna sistem buku pelaut online merasa bahwa sistem buku pelaut online yang digunakan dalam proses pelayanan buku pelaut di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya dapat digunakan, namun belum dapat secara maksimal dirasakan kemudahan dan kemanfaatannya. Beberapa aspek sistem dan alur proses yang terlalu panjang perlu diperiksa ulang dan jika perlu, disesuaikan atau diperbaiki, termasuk kemungkinan penambahan fitur, agar penggunaan sistem buku pelaut online dapat memberikan kemudahan dan manfaat yang lebih besar dalam pelayanan buku pelaut online.

Kata kunci: Buku Pelaut Online, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Wijaya, Fanny Mahardithama Trisno
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 10 Jul 2024 09:58
Last Modified: 10 Jul 2024 09:58
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item
View Item