Analisa Penyebab Tidak Optimalnya Kinerja L.O Cooler Mesin Penggerak utama Tipe CAT-MAK 9M32C di Kapal AHTS Logindo Enterprise dengan Menggunakan Metode Fishbone

Prasetya, Yoga Indra (2024) Analisa Penyebab Tidak Optimalnya Kinerja L.O Cooler Mesin Penggerak utama Tipe CAT-MAK 9M32C di Kapal AHTS Logindo Enterprise dengan Menggunakan Metode Fishbone. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Yoga Indra Prasetya - Abstrak.pdf] Text
Yoga Indra Prasetya - Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Yoga Indra Prasetya - Fulltext.pdf] Text
Yoga Indra Prasetya - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mesin disel sebagai mesin penggerak utama di kapal yang berfungsi untuk manouver kapal baik maju, mundur, maupun olah gerak lainnya. Untuk mendukung lancarnya operasional mesin disel, dibutuhkan sistem pelumasan. Pada sistem pelumasan, terdapat salah satu komponen penting yaitu L.O cooler. L.O cooler pada mesin disel merupakan alat penukar kalor yang berfungsi untuk mendinginkan oli mesin yang digunakan sebagai bahan pelumas pada mesin disel setelah melumasi komponen mesin penggerak utama. L.O cooler ini terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe shell & tubes dan plates heat exchanger. Apabila terjadi permasalahan pada L.O cooler akan menyebabkan menurunnya performa dari mesin penggerak utama juga.
Penelitian ini dilaksanakan di kapal AHTS Logindo Enterprise, jenis metode penelitian skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah fishbone diagram. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan faktor-faktor penyebab tidak optimalnya kinerja L.O cooler mesin penggerak utama dan mengetahui solusi penanganan yang harus dilakukan untuk pengoptimalan kinerja dari L.O cooler mesin penggerak utama di AHTS Logindo Enterprise.
Hasil penelitian ini adalah pengetahuan keterampilan kru mesin masih kurang dan kelalaian perwira mesin dalam perawatan permesinan, adanya gasket plates dan plates yang rusak, pelaksanaan perawatan tidak sesuai jadwal, kesalahan perakitan L.O cooler, filter sea chest kotor, serta baut pengikat L.O cooler patah. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kesadaran kru mesin dan masinis di kapal, melaksanakan perawatan L.O cooler dengan hati-hati, memperbarui check list plan maintenance system, melaksanakan pengoperasian L.O cooler sesuai buku petunjuk manual, memahamkan kru mesin pentingnya membersihkan filter sea chest secara rutin, serta mengganti seluruh baut pengikat L.O cooler yang rusak dan bahannya tidak sesuai standar.
Kata kunci: Kapal, Pelumasan, L.O cooler, Plates Heat Exchanger, Fishbone

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Prasetya, Yoga Indra
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 16 Apr 2025 09:13
Last Modified: 16 Apr 2025 09:13
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item
View Item