Analisis Tidak Optimalnya Pembakaran yang Terjadi pada Auxiliary Boiler Kangrim Type PA0501P32 di Kapal MV F Sun dengan Metode FMEA

Dharmawan, Pandu Bagus (2024) Analisis Tidak Optimalnya Pembakaran yang Terjadi pada Auxiliary Boiler Kangrim Type PA0501P32 di Kapal MV F Sun dengan Metode FMEA. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Pandu Bagus Dharmawan - Abstrak.pdf] Text
Pandu Bagus Dharmawan - Abstrak.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of Pandu Bagus Dharmawan - Fulltext.pdf] Text
Pandu Bagus Dharmawan - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PANDU BAGUS DHARMAWAN, Analisis tidak optimalnya pembakaran yang terjadi pada auxiliary boiler kangrim type PA0501P32 di kapal MV F SUN dengan metode FMEA. Karya Ilmiah Terapan, Politeknik Pelayaran Surabaya. Dibimbing oleh Bapak Azis Nugroho, M.Pd., M.Mar,E dan Bapak Sigit Purwanto, S.Psi.
Auxiliary boiler adalah suatu pesawat atau mesin bantu yang berfungsi untuk menghasilkan uap (steam) dalam 1 atmosfer sebagai keperluan di atas kapal, seperti pemanas bahan bakar, fresh water cooling, memutar pompa turbin, pengatur suhu pelumasan, kebutuhan di akomodasi dan untuk kebutuhan pesawat bantu lainnya. Auxiliary boiler adalah salah satu dari pesawat bantu yang ada di kapal yang berguna untuk menunjang performa dari mesin induk. Fungsi dari auxiliary boiler ini bagi mesin induk adalah sebagai pengatur suhu temperatur pada fuel oil atau bahan bakar mesin induk dan juga pengatur suhu dari lubricate oil atau minyak lumas dari mesin induk di kapal. Apabila auxiliary boiler tidak dapat melakukan pembakaran dengan optimal maka produksi uap panas (steam) menurun sehingga menyebabkan temperatur dari fuel oil dan lubricate oil menurun yang dimana akan mengganggu atau mengurangi performa dari mesin induk di atas kapal.
Pada karya tulis ilmiah ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan bantuan metode failure mode and effect analysis (FMEA) dalam mempermudah analisis data. Metode pengumpulan data yang akan penulis lakukan adalah dengan cara observasi (mengamati langsung), wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan tidak optimalnya pembakaran pada auxiliary boiler kangrim type PA0501P32 di kapal MV F SUN, dampak yang ditimbulkan dan juga upaya yang harus dilakukan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, penulis dapat menyimpulkan faktor penyebab tidak optimalnya pembakaran pada auxiliary boiler kangrim type PA0501P32 di kapal MV F SUN, diantaranya tersumbatnya nozzle tip karena kotor, ignition electrode yang tidak dapat memantik api dengan optimal akibat jarak yang tidak sesuai, filter yang tersumbat atau kotor, fan blower yang tidak sesuai dengan manual book, solenoid valve yang sudah tidak bekerja dengan normal, oil regulator yang sudah aus (rusak), suntec pump (oil pump) yang sudah tidak normal. Adapula dampak yang ditimbulkan akibat tidak optimalnya pembakaran pada auxiliary boiler, diantaranya steam pressure auxiliary boiler turun menyebabkan temperature fuel oil dan lubricate oil turun. Upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi tidak optimalnya pembakaran pada auxiliary boiler, diantaranya dilakukan perawatan dan perbaikan dimulai dari nilai RPN tertinggi ignition electrode, nozzle dan nozzle tip, filter, solenoid valve, suntec pump (oil pump), oil regulator, dan fan blower (air combustion).
Kata kunci: Auxiliary boiler, kangrim, FMEA, ignition electrode, nozzle tip

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Dharmawan, Pandu Bagus
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 13 Mar 2025 08:39
Last Modified: 13 Mar 2025 08:39
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item
View Item