Analisis Penyebab Kerusakan Ring Piston pada Mesin Induk di atas Kapal MV. Charlotte dengan Metode FTA

Vista, Nifa Adheliana (2024) Analisis Penyebab Kerusakan Ring Piston pada Mesin Induk di atas Kapal MV. Charlotte dengan Metode FTA. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Nifa Adheliana Vista - Abstrak.pdf] Text
Nifa Adheliana Vista - Abstrak.pdf

Download (918kB)
[thumbnail of Nifa Adheliana Vista - Fulltext.pdf] Text
Nifa Adheliana Vista - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NIFA ADHELIANA VISTA, Analisis Penyebab Kerusakan Ring Piston Pada Mesin Induk di Atas Kapal MV. Charlotte Dengan Metode FTA. Skripsi, Politeknik Pelayaran Surabaya. Dibimbing oleh Bp.Dirhamsyah, M.Pd, M.Mar.E dan Bp.Teguh Pribadi, M.Si.,QIA.
Mesin diesel adalah sebuah mesin pembakaran dalam dimana udara di kompresikan ke suhu yang cukup tinggi untuk menyalakan bahan bakar diesel yang di suntikan ke dalam silinder, di mana penbakaran menggerakan piston yang dapat mengubah energi kimia yang berada pada bahan bakar menjadi energi mekanik.
Pengabutan yang baik sangatlah di perlukan pada mesin diesel, guna untuk mendapatkan tenaga yang maksimal. Kondisi pada ring piston mesin diesel penggerak utama sangat berpengaruh terhadap kondisi mesin diesel itu sendiri. Adanya kerusakan pada Ring Piston dapat mempengaruhi kondisi dalam pengoperasian mesin diesel penggerak utama, sehingga kondisi Ring piston harus selalu terjaga.
Metode yang digunakan adalah FTA (Fault Tree Analysis). Metode ini merupakan salah satu Teknik dalam proyek perbaikan berkelanjutan (Continuous Improvement). Metode FTA merupakan salah satu Teknik penilaian resiko (risk assessment) yang terdiri dari : identifikasi resiko, analisis resiko, dan evaluasi resiko. Fungsi dari metode ini adalah untuk mengetahui akar permasalahan teknis yang akan dihadapi secara lebih efektif.
Hasil penelitian ini adalah penyebab kerusakan ring piston diakibatkan karena kurangnya pelumasan dan bahan material yang digunakan tidak sesuai dengan yang dikehendaki serta jam kerja yang kurang diperhatikan. Dampak yang ditimbulkan adalah dari kompresi/tekanan mesin menurun, naiknya temperature gas buang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyebab kerusakan ring piston disebabkan oleh kurangnya pelumasan, bahan yang tidak sesuai dengan manual book, sertaa kurangnya penerapan PMS. Saran agar memilih minyak lumas yang berkualitas, dan melakukan perawatan secara berkala.
Kata kunci : Mesin Induk, Ring Piston, FTA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Vista, Nifa Adheliana
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 11 Mar 2025 08:58
Last Modified: 11 Mar 2025 08:58
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item
View Item