Analisa Naiknya Temperatur Air Pendingin Pada L.O Cooler YLR32 Mesin Induk Wuxi G8300 di MV. Baruna Raya

Yaska, Nabil Hibatullah (2024) Analisa Naiknya Temperatur Air Pendingin Pada L.O Cooler YLR32 Mesin Induk Wuxi G8300 di MV. Baruna Raya. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Nabil Hibatullah Yaska - Abstrak.pdf] Text
Nabil Hibatullah Yaska - Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Nabil Hibatullah Yaska - Fulltext.pdf] Text
Nabil Hibatullah Yaska - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nabil Hibatullah Yaska, 2023, Analisa Naiknya Temperatur Air Pendingin Pada L.O Cooler YLR32 Mesin Induk Wuxi G8300 di MV. Baruna Raya. Karya Ilmiah Terapan, Politeknik Pelayaran Surabaya. Dibimbing oleh Bapak Dirhamsyah, SE, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Sigit Purwanto, S.Psi,MM., SE, M.Ak selaku pembimbing II.
Mesin induk merupakan suatu pesawat yang memiliki peranan yang sangat penting di atas kapal untuk menunjang pengoperasian kapal, sehingga kapal dapat beroperasi dengan baik. Dalam mendukung kinerja mesin induk, terdapat beberapa sistem didalamnya dan salah satu diantaranya adalah sistem pendingin air tawar. Sebuah kejadian di kapal MV. Baruna Raya bahwa temperature Air tawar pendingin Cylinder mesin induk mengalami overheat secara tiba-tiba hingga 95°C tekanan air tawar dan minyak lumas menurun dan terjadi alarm Slowdown Main Engine. Untuk penanganan dalam keadaan darurat ini, terpaksa mesin induk harus dilakukan slowdown untuk mengurangi dan mengkondisikan mesin induk supaya tidak terjadi kerusakan berlanjut. Tindakan selanjutnya dilakukan pengecekan pada komponen sistim pendingin mesin induk dan ditemukanlah masalah inti yang terletak pada high temperature L.O cooler hingga menjalar ke high temperature F.W cooler Dikarenakan adanya banyak potensi kerusakan pada mesin induk, penulis memilih judul Analisa naiknya temperatur air pendingin pada L.O Cooler YLR32 mesin induk Wuxi G8300 di MV. Baruna Raya.
Pada karya tulis ilmiah ini penulis gunakan jenis penelitian kualitatif Dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), penulis bertujuan untuk mempermudah analisis data terkait berbagai kemungkinan kerusakan pada mesin induk. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab naiknya temperature air pendingin pada L.O Cooler mesin induk dan upaya untuk mengatasi naiknya temperature air pendingin pada L.O Cooler mesin induk Wuxi G8300 di MV. Baruna Raya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa kenaikan suhu pada L.O Cooler mesin induk Wuxi G8300 disebabkan oleh penyumbatan pada pipa-pipa kapiler (Tube) karena banyaknya kotoran yang masuk dalam Tube, penurunan kinerja impeller pada pompa sea water karena adanya kotoran dan korosi dari air laut, tertutupnya valve sea water karena kurangnya perawatan dan pengecekan, kualitas minyak pelumas yang sudah encer yang karena sudah melebihi jam kerja, pipa sea water yang bocor karena adanya korosi dari air laut, tersumbatnya filter sea chest karena kelebihan jam kerja dan Manometer rusak disebabkan kurangnya pemeriksaan dan perawatan rutin. Untuk mengatasi naiknya temperatur air pendingin pada L.O Cooler pada mesin induk upaya yang harus dilakukan adalah memperbaiki pola perawatan pada sistem pendingin minyak lumas yang perlu dilakukan sesuai dengan Sistem Perawatan Rencana (PMS).
Kata kunci: Analisa, Temperatur, Pendingin, Meningkat, Mesin Diesel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Yaska, Nabil Hibatullah
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 21 Feb 2025 15:42
Last Modified: 21 Feb 2025 15:42
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item
View Item