Ichsan, Muhammad Nur (2024) Identifikasi Penyebab terjadinya Kecelakaan Kerja pada Crew Mesin di Kamar Mesin di Kapal KMP. Agung Samudera XVIII dengan Metode Hirarc. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
![[thumbnail of Muhammad Nur Ichsan - Abstrak.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Nur Ichsan - Abstrak.pdf
Download (773kB)
![[thumbnail of Muhammad Nur Ichsan - Fulltext.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Nur Ichsan - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
MUHAMMAD NUR ICHSAN, Identifikasi penyebab terjadinya kecelakaan kerja pada crew mesin dikamar mesin kapal KMP. Agung Samudera XVIII. Karya Ilmiah Terapan, Politeknik Pelayaran Surabaya. Dibimbing oleh Bapak Dirhamsyah, M.Pd., M.Mar.E sebagai selaku dosen pembimbing 1 dan Bapak H. Saiful Irfan, M.Pd., M.Mar.E sebagai selaku dosen pembimbing 2.
Keselamatan kerja di dalam dunia pelayaran sangat penting karena resiko terjadinya kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Salah satu upaya yg dilakukan oleh para crew maupun perusahaan sebagai upaya mencegah tindakan kecelakaan kerja melalui faktor kecelakaan kerja yang sering terjadi berawal dari kelalaian dan tidak patuhnya suatu manusia itu sendiri. Setelah mengetahui faktor, penyebab, maupun dampak insiden suatu kecelakaan kerja, maka perusahaan perlu melakukan berbagai tindakan perubahan dan koreksi terhadap perbaikan atau kebijakan yang tidak sesuai agar nantinya dapat di ganti dengan aturan dan di tetapkan Standart Operasional Procedure (SOP) pada kamar mesin, dengan adanya aturan dan dibuatnya Standart Operasional Procedure (SOP) dapat dilakukan dengan baik dan juga dapat mencegah maupun menimalisir suatu insiden terjadinya kecelakaan di dalam kamar mesin.
Dalam karya tulis ilmiah ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control), dalam pencarian hasil analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya insiden dari kecelakaan kerja, dengan tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja pada crew mesin dan dampak terjadinya kecelakaan kerja di dalam kamar mesin.
Berdasarkan penelitian yang penulis telah lakukan, dapat disimpulkan ada beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja pada crew mesin di kamar mesin kapal KMP. Agung Samudera XVIII diantaranya ada faktor lingkungan kerja, faktor manusia, dan faktor peralatan kerja yang tidak memadai. Serta ada beberapa dampak yang terjadi akibat kecelakaan kerja baik bagi crew kapal ataupun Perusahaan kapal.
Kata Kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Faktor Kecelakaan Kerja, Standart Opersional Prosedur (SOP), HIRARC.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Creators: | Creators Email ORCID Ichsan, Muhammad Nur UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering |
Divisions: | D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal |
Depositing User: | Rice Agustina |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 14:08 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 14:08 |
URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/297 |