Identifikasi Penyebab Tidak Optimalnya Kinerja Kompresor terhadap Pengisian Botol Angin di atas Kapal MT Medelin Master

Roby, Muhamad (2024) Identifikasi Penyebab Tidak Optimalnya Kinerja Kompresor terhadap Pengisian Botol Angin di atas Kapal MT Medelin Master. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Muhamad Roby - Abstrak.pdf] Text
Muhamad Roby - Abstrak.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Muhamad Roby - Fulltext.pdf] Text
Muhamad Roby - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

MUHAMAD ROBY, Analisa kinerja kompresor udara tehadap pengoprasian mesin di atas kapal MT MEDELIN MASTER ,Politeknik Pelayaran Surabaya. Di bimbing oeh Bapak Agus Prawoto, S.Si.T.,M.M dan Ibu Dr. Ardhiana Puspitacandri, S.Psi, M.Psi
salah satu penunjang utama pada mesin induk adalah kompresor udara, yang berfungsi sebagai alat untuk menghasilkan dan mengirim udara bertekanan tinggi. Sedangkan tabung atau biasa disebut botol angin (air reservoir) adalah bangunan ruang yang terdiri oleh dua sisi yan kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung. Tabung ini berfungsi sebagai alat untuk menampung udara bertekanan tinggi guna keperluan keperluan pengoprasian berbagai mesin di atas kapal seperti starting mesin penggerak utama. kinerja pada compressor menyebabkan hambatan / kurang maksimalnya kinerja mesin di atas kapal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab tidak optimalnya kinerja kompresor terhadap pengisian botol angin serta upaya mengatasi agar kinerja kompresor dalam performa yang maksimal.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mencari penyebab tidak optimalnya kinerja kompresor.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab tidak optimalnya kinerja kompresor terhadap pengisian botol angin adalah kerusakan pada packing antara head dengan body kompresor, katub isap pada kompresor terdapat kerak atau karat dan sistem pendingin kompresor terjadi kebocoran. Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga agar kompresor tetap dalam performa yang maksimal adalah dengan dilakukannya perawatan pada katub hisap selama 3 bulan sekali, penggantian packing selama 3 bulan sekali dan perbaikan penggantian liner kompresor dengan spare part yang baru dan original yang sesuai dengan ukuran dan type pada instruction manual book.
Kata Kunci: Kompresor, Botol Angin, Pendingi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Roby, Muhamad
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 18 Feb 2025 10:13
Last Modified: 18 Feb 2025 10:13
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item
View Item