Analisis Kinerja Fuel Injection Valve Mesin Induk di KM Sinabung

Wijayanti, Lintang Aris (2024) Analisis Kinerja Fuel Injection Valve Mesin Induk di KM Sinabung. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Lintang Aris Wijayanti - Abstrak.pdf] Text
Lintang Aris Wijayanti - Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lintang Aris Wijayanti - Fulltext.pdf] Text
Lintang Aris Wijayanti - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

LINTANG ARIS WIJAYANTI, “Analisis Kinerja Fuel Injection Valve Mesin Induk di KM Sinabung” yang dibimbing oleh bapak Frengki Imanto, S.iT., M.Pd. dan bapak Azis Nugroho, M.Pd., M.Mar.E.
Injektor merupakan suatu komponen didalam mesin Diesel, yang berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar yang berasal dari injection pump ke dalam silinder guna digunakan pada saat langkah kompresi didalam ruang bakar dan mengubah bahan bakar menjadi partikel kecil untuk dikabutkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab, dampak serta upaya dalam permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu Kemacetan Injektor Pada Sistem Pembakaran Mesin Induk KM.Sinabung
Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, melakukan triangulasi hasil observasi dan wawancara. Dengan menggunakan teknik analisis data SHEL, penulis mengidentifikasi faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkait kemacetan injektor pada sistem pembakaran mesin induk KM.Sinabung. Pengumpulan data dilakukan pada saat peneliti melakukan praktek laut di kapal KM.Sinabung dengan mengambil sumber yaitu Masinis I, Masinis II, Masinis III.
Penyebab macetnya injektor mesin induk di KM.Sinabung yaitu ketidaksesuaian penyetelan injektor, ketidaksesuaian Plan maintenance system (PMS) serta terlewatnya running hours pada plaining maintenance system (PMS), nozzle injektor yang kotor, tidak memadainya spare part serta kurangnya kerja sama crew kapal. Dampak yang diakibatkan yaitu injektor akan mengalami kelelahan, Injektor terdapat kerak, kelangkaan spare part. Upaya untuk menanggulangi permasalahan tersebut yaitu rutin melaksanakan pengecekan running hours mesin, melakukan pengecekan keseluruhan komponen pada mesin, selalu mencatat jam kerja pada saat mesin dioperasikan, melakukan penyetelan injektor sesuai dengan manual book, melakukan pembersihan sea chest serta cooler plate central secara rutin, adanya pendataan secara lebih rinci dan di input di dalam sebuah software, serta Chief Engineer melakukan meeting sebelum kerja.
Kata Kunci: Injektor, Mesin Induk, Kemacetan, Sistem pembakaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Wijayanti, Lintang Aris
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 17 Feb 2025 13:24
Last Modified: 17 Feb 2025 13:24
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item
View Item