I Made, Tirta Bahari Pradnya (2024) Analisis Kurang Optimalnya Perawatan Sistem Pengabutan Bahan Bakar pada Mesin Induk di MV. Tanto Keluarga dengan Metode Fishbone. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
![[thumbnail of I Made Tirta Bahari Pradnya - Abstrak.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I Made Tirta Bahari Pradnya - Abstrak.pdf
Download (443kB)
![[thumbnail of I Made Tirta Bahari Pradnya - Fulltext.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I Made Tirta Bahari Pradnya - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
I MADE TIRTA BAHARI PRDANYA (2024), Analisis Kurang Optimalnya Perawatan Sistem Pengabutan Bahan Bakar Pada Mesin Induk Di MV. Tanto Keluarga Dengan Metode Fishbone. Dibimbing oleh Bapak Dirhamsyah, M.Pd., M.Mar.E selaku dosen pembimbing I dan Bapak Muh. Dahri, S.H, M.Hum selaku dosen pembimbing II.
Pada Kapal MV. Tanto Keluarga memiliki sebuah mesin induk sebagai sumber daya penggerak utama, mesin ini akan bertanggung jawab untuk mengoprasikan baling-baling kapal, yang kemudian akan mendorong air dan menggerakan kapal kedepan atau kebelakang sehingga kapal dapat melakukan pelayaran dalam jangka waktu yang lama maupun cepat. Demi menjamin kelancaran dalam suatu pelayaran, diperlukan adanya suatu perawatan terhadap injecketor mesin induk. Injcetor berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar diesel dari injection pump kedalam silinder. Penelitian dalam karya ilmiah terapan ini dilakukan untuk mengetahuin penyebab dan upaya yang perlu dilakukan untuk menangani naiknya temperatur gas buang pada silinder mesin induk. Dalam karya ilmiah terapan ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode Fishbone Analiysis.
Hasil penelitian penulis bahwa penyebab naiknya Temperatur gas buang pada tiap-tiap silinder mesin induk meningkat karena injector telah melebihi batas jam kerja yang mengakibatkan kinerjanya tidak optimal, serta kurangnya perawatan dan perhatian terhadap injector. Selain itu, kurangnya perawatan pada filter bahan bakar juga menyebabkan filter tersebut tidak dapat berfungsi secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahn tersebut dengan melakukan perawatan secara rutin terhapadap injector mesin induk sesuai dengan Planned maintenance System (PMS)
Kata kunci: Analisi, Naiknya, Temperatur Gas Buang, Mesin Induk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Creators: | Creators Email ORCID I Made, Tirta Bahari Pradnya UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering |
Divisions: | D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal |
Depositing User: | Rice Agustina |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 14:38 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 14:38 |
URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/273 |