Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Kepalutan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Kesyahbandaran Utama tanjung Perak Surabaya

Sitompul, Darwinsar (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Kepalutan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Kesyahbandaran Utama tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of DARWINSAR SITOMPUL - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf] Text
DARWINSAR SITOMPUL - Halaman Awal, Bab I, II & III.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of DARWINSAR SITOMPUL - Fulltext.pdf] Text
DARWINSAR SITOMPUL - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelanggan terkadang mempunyai tuntutan persyaratan untuk layanan yang akan diberikan, tidak dapat dapat dihindari oleh penyedia layanan yang bergerak dalam bidang angkutan laut. Kepuasan penerima layanan berkaitan juga dengan kualitas layanan yang diberikan kualitas pelayanan merupakan perbandingan antara harapan dengan kinerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara kualitas pelayanan jasa kepelautan terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif adalah suatu metode penelitian berdasarkan filsafat positivisme, penggunaan penelitian ini yaitu dalam populasi atau sampel tertentu, pengambilan data dilakukan secara kuantitatif/statistik. Objek penelitian dalam skripsi ini berlokasi di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya.
Penelitian ini menggunakan kuesioner, kuesioner adalah teknik pengumpulan data dimana responden mengisi pertanyaan dan mengembalikan teks lengkapnya kepada peneliti berhubungan analisis data terdapat pengaruh positif dan yang signifikan antara variabel X (kualitas pelayanan jasa kepelautan) terhadap variabel Y (kepuasan pelanggan). Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil perhitungan, dimana koefisiensi determinasi antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh atau korelasi yang cukup signifikan antara kedua variabel yaitu variabel bebas (kualitas pelayanan jasa kepelautan) dan variabel terikat (kepuasan pelanggan) dengan tingkat pengaruh yang signifikan. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan jasa kepelautan dan kepuasan pelanggan di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya. Pegawai perlu adanya penyuluhan tentang cara melakukan pengurusan dokumen dan penambahan petugas di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya sehingga dalam melayani pelanggan dengan cepat.

Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Syahbandar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Sitompul, Darwinsar
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HE1-9990 Transportation and communications > HE380.8-971 Water transportation
Divisions: D4 Transportasi Laut
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 25 Jun 2024 15:41
Last Modified: 25 Jun 2024 15:41
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item
View Item