Analisis terjadinya Kebocoran Pendingin air Tawar yang Masuk ke dalam Carter Oli Mesin Bow Thruster Detroit Diesel Type 8V 92 di Kapal SV. Patrona 118

Prasetya, Darmawan (2024) Analisis terjadinya Kebocoran Pendingin air Tawar yang Masuk ke dalam Carter Oli Mesin Bow Thruster Detroit Diesel Type 8V 92 di Kapal SV. Patrona 118. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.

[thumbnail of Darmawan Prasetiya - Abstrak.pdf] Text
Darmawan Prasetiya - Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Darmawan Prasetiya - Fulltext.pdf] Text
Darmawan Prasetiya - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

DARMAWAN PRASETIYA, Analisis Terjadinya Kebocoran Pendingin Air Tawar Yang Masuk Ke Dalam Carter Oli Mesin Bow Thruster Detroit Diesel Type 8V 92 Di Kapal Sv. Patrona 118. Dibimbing oleh bapak H. Saiful Irfan, M.Pd., M.Mar E dan Bapak Drs. Teguh Pribadi, M.Si., QIA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penyebab terjadinya kebocoran pendingin air tawar yang masuk ke dalam carter oli, dampak yang terjadi jika air pendingin masuk ke dalam carter oli, dan upaya penanganan yang dilakukan terhadap kebocoran pendingin air tawar yang masuk ke dalam karter oli. Kebocoran sistem pendingin pada mesin kapal dapat menyebabkan kerusakan serius dan mengurangi efisiensi operasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kebocoran air tawar yang masuk ke dalam carter oli mesin bow thruster Detroit Diesel type 8V 92 pada kapal SV. Patrona 118. Metode dari penelitian ini menggunakan metode fishbone dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kerusakan pada cylinder head gasket, cylinder head water seal dan tidak ratanya permukaan cylinder head blok sebagai penyebab utama kebocoran. Dampak dari kebocoran ini mengakibatkan tidak optimalnya kinerja mesin bow thruster, oli yang tercampur dengan air dapat mengakibatkan kekentalan oli menjadi tidak bagus sehingga mempengaruhi terhadap suplai oli ke mesin, terganggunnya kegiatan salvage job kapal SV. Patrona 118. Dan upaya penanganan yang dilakukan yaitu melakukan penggantian komponen-komponen yang rusak, melakukan perawatan perbaikan sesuai Planned Maintenance System (PMS) dan memperhatikan jam operasional mesin. Temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi perawatan preventif dan perbaikan yang lebih efektif, sehingga mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut dan meningkatkan keandalan operasi kapal. Implementasi hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memperpanjang umur mesin bow thruster di kapal SV. Patrona 118. Kata Kunci : Bow thruster, kebocoran, carter oli, gasket, fishbone

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
Creators
Email
ORCID
Prasetya, Darmawan
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Subjects: V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering
Divisions: D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
Depositing User: Rice Agustina
Date Deposited: 07 Feb 2025 15:47
Last Modified: 07 Feb 2025 15:47
URI: https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item
View Item