Anditya, Yosef Kurniawan (2024) Analisa Masuknya Air Tawar Pendingin di Ruang Bakar Main Engine Tipe 6UEC50LSII MV. Berkah 99. Undergraduate thesis, Politeknik Pelayaran Surabaya.
![[thumbnail of Yosef Kurniawan Anditya - Abstrak.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yosef Kurniawan Anditya - Abstrak.pdf
Download (871kB)
![[thumbnail of Yosef Kurniawan Anditya - Fulltext.pdf]](https://repository.poltekpel-sby.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yosef Kurniawan Anditya - Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pengertian motor diesel adalah suatu mesin yang menggunakan energi panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar solar untuk menghasilkan tenaga mekanik. Gas yang dihasilkan selama pembakaran dapat menggerakkan piston, yang selanjutnya memutar poros engkol. Dinding ruang bakar (termasuk penutup silinder, bagian atas piston, bagian atas silinder, dan katup buang) serta sekelilingnya akan mengalami panas pada saat pembakaran.
Untuk mengetahui faktor terjadinya penyebab masuknya air tawar pendingin ke dalam ruang bakar pada mesin induk Tipe 6UEC50LSII MV.BERKAH 99. Upaya mencegah/mengatasi permasalahan masuknya air tawar pendingin ke dalam ruang pembakaran pada mesin induk Tipe 6UEC50LSII MV.BERKAH 99.
Metode yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari metode kualitatif ini adalah untuk mengetahui inti sebuah permasalahan teknis yang dihadapi akan lebih efektif. Metode ini diperlakukan dengan teknik pengumpulan data-data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi.
Salah satu dari komponen pendukung mesin induk ialah sistem pendingin sistem pendingin memiliki peranan penting sama seperti mesin bantu lainnya yang berguna untuk menjaga temperatur mesin induk tetap stabil dan normal. Jika temperatur pendingin tidak normal maka mesin induk akan mengalami kendala. Crew mesin dituntut untuk bisa tidak hanya pengoperasian namun juga harus mengecek setiap mesin yang sedang beroperasi. Salah satu dari komponen pendukung mesin induk ialah sistem pendingin sistem pendingin memiliki peranan penting sama seperti mesin bantu lainnya yang berguna untuk menjaga temperatur mesin induk tetap stabil dan normal,jika temperatur pendingin tidak normal maka mesin induk akan mengalami kendala. Oleh karena itu untuk memperlancar supaya berfungsi dengan baik menjaga temperatur pendingin fresh water jacket cooling sangat penting. Hal ini dilakukan agar mesin induk beroprasi dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan akibat meningkatnya temperatur fresh water jacket cooling.
Kurangnya perhatian terhadap perawatan menjadi penyebab masuknya air tawar pendingin ke dalam ruang bakar mesin induk pada kapal MV.BERKAH 99 sehingga mengakibatkan patahnya kepala silinder dan liner silinder. Apabila kinerja main engine mengalami penurunan, segera lakukan analisis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan penurunan kinerja. Upaya yang dilakukan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya masuknya air tawar pendingin di ruang bakar pada main engine dengan melakukan cara perawatan dan perbaikan yang rutin
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Creators: | Creators Email ORCID Anditya, Yosef Kurniawan UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | V Naval Science > VM1-989 Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM595-989 Marine engineering |
Divisions: | D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal |
Depositing User: | Rice Agustina |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 13:36 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 13:36 |
URI: | https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/240 |